RUMAH ALLAH: Masjid-masjid Terindah di Kairo, Mesir

Editor Sungai Nil yang membelah kota Kairo, Mesir./via ihram.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kairo dikenal memiliki beberapa masjid tertua dan terindah di dunia. Sebagian orang cenderung mengapresiasi masjid bersejarah dan gaya arsitektur ikoniknya. 

Beberapa masjid yang dibangun dalam beberapa tahun terakhir mulai mengejar popularitas masjid bersejarah.

Melansir ihram.co.id dari egyptianstreets pada Sabtu (31/7/2021), inilah sejumlah masjid ikonik di Kairo yang pantas dikunjungi : 

1. Masjid Ibnu Tulun 

Terletak di Sayeda Zeinab di Kairo, Masjid Ibn Tulun adalah salah satu masjid tertua di kota. Dibangun oleh Ibn Tulun, yang merupakan gubernur Al Fustat pada abad kesembilan oleh Khalifah Abbasiyah di Baghdad.

Dengan air mancur di halaman, menara unik, banyak koleksi dekorasi gipsum, dan aula yang luas, masjid ini merupakan situs keagamaan yang unik dan wajib dikunjungi. 

2. Masjid Al Fattah Al Alim

Diresmikan pada tahun 2019 sebagai masjid terbesar di Mesir dan salah satu yang terbesar di dunia, Masjid Al-Fattah Al-Alim adalah monumen arsitektur megah.

Masjid itu membentang di atas lahan seluas 106 hektare, dengan aula yang menampung 17.000 jemaah, dengan halaman yang menampung hampir 8.000 jemaah.
Masjid Al-Fattah Al-Alim juga memiliki museum manuskrip dan surat-surat arkeologi yang langka. 

3. Masjid Amr bin Ash

Dibangun pada tahun 641 M, Masjid Amr bin Ash adalah bangunan Islam tertua di Mesir, dan masjid pertama di Afrika.

Masjid dibangun usai penaklukan Amr bin Ash yang merupakan salah satu sahabat dekat Nabi Muhammad.

Ia juga mendirikan ibu kota Islam pertama di negara itu, Al-Fustat, dan kemudian mendirikan gedung pertama di ibu kota.

Masjid itu pernah dihancurkan dan direnovasi beberapa kali. Namun masjid masih berdiri tegak dan menjadi tempat doa sampai hari ini. 

Baca Juga :  54 Orang Korban Gempa Bumi Mamuju Diungsikan ke Kota Solo

4. Masjid Muhammad Ali 

Dirancang oleh arsitek Turki Yousif Boushnaq, masjid ini dibangun untuk Muhammad Ali, penguasa Mesir dari tahun 1805 hingga 1849.

Masjid ini dibangun sesuai dengan gaya arsitektur Ottoman atas permintaan Muhammad Ali Basha. Disebut juga ‘Masjid Alabaster’ karena dinding interior dan eksteriornya dilapisi alabaster dengan indah. 

5. Masjid Al Shorta 

Masjid ini sekarang merupakan salah satu masjid paling populer yang menyelenggarakan pernikahan dan katb ketab (upacara yang biasanya diadakan sebelum pernikahan di mana pasangan mengucapkan sumpah mereka dan menandatangani kontrak pernikahan, di hadapan seorang syekh).

6. Masjid Al Azhar 

Ada banyak masjid yang dapat Anda kunjungi di Kairo, tetapi yang satu ini sangat penting dalam sejarah Islam. Didirikan oleh Dinasti Fatimiyah pada tahun 970 M.

Dengan berlalunya tahun, masjid itu menjadi pusat terpenting bagi ajaran Islam dan teologi Sunni di seluruh dunia.

Lima menaranya dirancang dalam lima gaya arsitektur, melambangkan dinasti yang menguasai Al Azhar. @fen

 

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HIKMAH: Makna Hijrah Nabi Muhammad Saw bagi Kehidupan Saat ini (1)

Sen Agu 9 , 2021
Silahkan bagikanOleh Ustaz Hanif Hidayatullah, S.Pd. VISI.NEWS – Makna Hijrah Hijrah, dalam kamus Al-Munawir Arab Indonesia, berarti pindah ke negeri lain, hijrah dan migrasi. Kata ini berasal dari kata dasar hajara-yahjuru yang berarti memutuskan dan meninggalkan. Sementara Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam bentuk nominal hijrah diartikan dengan perpindahan Nabi Muhammad […]