Satgas Citarum Harum Hijaukan Kawasan Mataair Situs Cikahuripan

Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Subpos Desa Sukamantri sedang berpartisipasi dan membantu para petani dalam gerakan penghijauan di kawasan mataair Situs Cikahuripan Kampung Walahir, Desa Loa K,ecamatan Pase,h Kabupaten Bandung, Sabtu (20/6)./visi.news/budimantara.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Jajaran TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Subpos Desa Sukamantri turut berpartisipasi dan membantu para petani dalam gerakan penghijauan di kawasan mataair Situs Cikahuripan, Kampung Walahir, Desa Loa, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/6).

Gerakan penghijauan di kawasan itu dalam rangka melestarikan sumber mataair di Situs Cikahuripan yang menjadi sumber air bersih bagi warga sekitar.

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Subpos Desa Sukamantri yang turut bersama-sama melaksanakan gerakan penghijauan, yakni Serka Ujang Sofyan, Sertu Aguh Sulendra, dan anggota satgas lainnya, selain Gober sebagai mitra satgas yang turut membantu dan berpartisipasi dalam gerakan penghijauan di lereng lahan kritis tersebut.

Dalam gerakan penghijauan itu, Satgas bersama-sama dengan para petani yang tergabung dalam program KBS (karya bakti sosial). KBS ini sudah menjadi program para petani dalam gerakan penghijauan dan pemeliharaan sumber mataair Situs Cikahuripan.

Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Sub Pos Desa Sukamantri Serka Ujang Sofyan melalui anggota Satsas lainnya Sertu Aguh Sulendra mengatakan, dalam gerakan penghijauan itu, di antaranya melakukan penanaman kopi, jeruk, dan tanaman keras lainnya untuk menjaga kelestarian sumber mataair di Situs Cikahuripan Kampung Walahir.

Pertanian kopi di Kampung Walahir itu menjadi salah satu sumber ekonomi warga sekitar, bahkan kopi walahir sudah populer di Kabupaten Bandung.

“Selain melaksanakan penanaman pohon pada lahan kritis, kita juga turut membantu para petani dalam melaksanakan panen kopi di lahan Perhutani,” kata Sertu Aguh kepada wartawan
VISI.NEWS usai melaksanakan gerakan penghijauan.

Sebelum melaksanakan panen kopi, imbuh Sertu Aguh, seperti biasa, jajaran Satgas Citarum Harum melaksanakan komunikasi sosial dengan para petani kopi dan warga sekitar. Bahkan komunikasi sosialisasi itu sudah berlangsung beberapa pekan ini, setelah Satgas Citarum Sektor 4/Majalaya memperluas kawasan kerjanya, yaitu semua desa di Kecamatan Paseh.
Ia juga melihat kepedulian dan partisipasi masyarakat di Desa Loa dalam gerakan penghijauan cukup tinggi. Begitu juga dengan aparatur RT dan RW serta perangkat Desa Loa sangat responsif dalam kegiatan kepedulian lingkungan.

“Mereka sudah memiliki pemahaman yang sama dalam kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga, Satgas dan warga sekitar bisabersama-sama dalam melaksanakan kepedulian terhadap lingkungan sekitar,” katanya.@bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Reaktif Corona Usai Rapid Test di Tempat Rekreasi, Wisatawan Langsung Disuruh Pulang

Ming Jun 21 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Sebanyak 776 wisatawan dilaporkan telah mengikuti rapid test massal di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (20/6). Hasilnya, 9 wisatawan menunjukan positif reaktif. “Total peserta rapid test massal di Puncak 776 orang. Hasilnya 9 orang yang reaktif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 […]