Satgas Citarum Harum Motivasi Karang Taruna Dalam Pengelolaan Sampah

Karang Taruna Cimaranggi Rw 02 dan Satgas Citarum Harum sektor 4 sedang membahas dan mewacanakan budi daya ikan, Kamis (28/5)./visi.news/budimantara.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Satuan Tugas (Satgas) Citarum Sektor 4/Majalaya terus memotivasi para pemuda karang taruna dalam upaya mengoptimalkan pengelolaan atau pengolahan sampah organik dan anorganik yang dihasilkan rumah tangga di Kampung Cimaranggi RW 02 Desa Padamulya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Kamis (28/5).

Selain melaksanakan pemilahan sampah rumah tangga itu, para pemuda Karang Taruna Cimaranggi RW 02 itu bersama Satgas Citarum Harum merintis budi daya ‘maggot’ di sekitar tempat pengelolaan sampah.


Satgas Sektor 4 Citarum Harum Sub Pos Desa Padamulya Serka Kurniadi fokus pada penanganan/pengelolaan sampah bersama Pemuda Karang Taruna dengan budi daya Maggot, Kamis (28/5)./visi.news./budimantara.

Karena tempat pengelolaan sampah itu berada di antara aliran Sungai Ciwalengke, sinergitas Karang Taruna Cimaranggi dan Satgas Citarum mulai membahas dan mewacanakan untuk melaksanakan budi daya ikan. Budi daya ikan yang menjadi perhatian mereka itu untuk memanfaatkan aliran air sungai.

Sementara untuk pakan ikan tersebut memanfaatkan maggot yang dibudidayakan di lokasi pengelolaan sampah. Mengingat budi daya maggot itu memanfaatkan sampah organik untuk pakannya. Bahkan dari kotoran maggot itu bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik tanaman yang akan dikembangkan di sekitar lahan pengelolaan sampah.

Pengelolaan sampah hingga budi daya maggot dan ikan serta pemanfaat lahan kosong di sekitar lokasi yang sama itu, bisa menjadi percontohan untuk pelestarian lingkungan dalam upaya pemberdayaan para pemuda karang taruna.

Selain berkaitan dengan program kestarian lingkungan, juga bisa menopang kebutuhan pangan masyarakat, khususnya dalam kebutuhan pangan berupa ikan maupun hasil pertanian. Bahkan dari hasil pengolahan sampah juga bisa nenguntungkan secara ekonomi setelah melewati proses pilah pilih olah sampah tersebut.

Komandan Sektor 4 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Asep Nurdin didampingi Satgas Sektor 4 Citarum Harum Sub Pos Desa Padamulya Serka Kurniadi dan jajaran TNI lainnya sempat meninjau lokasi pengolahan sampah yang dikelola Karang Taruna Cimaranggi RW 02 Desa Padamulya tersebut.

Satgas Citarum Harum juga memberikan semangat kepada Ketua Karang Taruna Cimaranggi RW 02 Tata Hendrawan beserta pemuda karang taruna lainnya untuk tetap konsisten dalam mengelola sampah. Selain itu, satgas mendorong para pemuda karang taruna dalam pengembangan budi daya maggot, ikan, hingga pemanfaatan lahan untuk pertanian dalam upaya peningkatan ketersediaan pangan.

Komandan Sektor 4 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Asep Nurdin melalui Satgas Sektor 4 Citarum Harum Sub Pos Desa Padamulya Serka Kurniadi mengatakan, selain fokus pada penanganan/pengelolaan sampah, Satgas bersama para pemuda karang taruna saat ini sedang fokus pada budi daya maggot dan pemanfaatan lahan yang ada di sekitar tempat pengolahan sampah.

“Lahan kosong yang ada di sekitar tempat pengolahan sampah bisa ditanami pepaya, cabai, tomat, dan tanaman lainnya. Nantinya, para pemuda karang taruna yang melakukan penanaman sayur mayur tersebut. Untuk pemupukannya bisa dari sisa sampah organik maupun kotoran maggot,” kata Serka Kurniadi kepada wartawan di sela-sela mendampingi Komandan Sektor 4/Majalaya, Kamis (28/5) siang.

Ia mengatakan, kotoran maggot itu sangat bagus untuk pupuk tanaman. Di samping itu, maggot juga sangat bagus untuk pakan ikan karena mengandung protein yang sangat tinggi. Pengolahan sampah di lokasi tersebut sebagai bentuk pemberdayaan kepada para pemuda karang taruna dan masyarakat sekitar.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Cimaranggi RW 02 Tata Hendrawan mengatakan, dalam penanganan sampah rumah tangga di lingkungan Kampung Cimaranggi itu melibatkan para pemuda karang taruna.

“Mereka mengambil sampah rumah tangga di semua rumah warga di Kampung Cimaranggi. Penanganan sampah rumah tangga dengan melibatkan para pemuda karang taruna, warga pun menyambut baik,” katanya.@bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

JPPR Nilai Pelaksanaan Pilkada 9 Desember Tak Jadikan Lagi Pemilih Sebagai Objek

Kam Mei 28 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Koordinator Nasional Seknas Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR), Alwan Ola Riantoby menilai, keputusan pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 menunjukkan bahwa masyarakat, khususnya para pemilih tidak lagi menjadi perhatian utama dalam pesta demokrasi tersebut. “Kita memaknai objek pilkada adalah masyarakat pemilih. Hari ini masyarakat […]