Seniman Mulaika Nordin Melanjutkan Komentar Reflektif tentang Isu-isu Kontemporer di Asia

Editor Kenangan dan rasa perpisahan sebagai salah satu langkah menuju kedewasaan menjadi inspirasi bagi karya terbaru seniman muda Mulaika Nordin dalam pamerannya, "I Know You're Somewhere So Far". -NSTP/Farah Solhi
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KUALA LUMPUR – Pameran seni rupa “I Know You’re Somewhere So Far” terdiri dari 63 karya seni yang diselesaikan dalam waktu empat tahun oleh salah satu seniman abstrak muda terkemuka Malaysia, Mulaika Nordin, resmi diluncurkan oleh Nori Abdullah Badawi di Galeri KEN di Kuala Lumpur.

Dalam pameran tunggal keduanya, Mulaika mengupas konsep keterputusan dan keterasingan dari lensa seorang seniman remaja yang berempati saat mengarungi lingkungan yang terus berubah yang memuncak pada masa pandemi global Covid-19 pada tahun 2020 dan 2021. 18 di tengah pertunjukan, memberi penghormatan kepada masa remajanya saat ia memasuki usia dewasa dan mulai menjelajah ke dunia nyata.

Terlepas dari tema gelap keseluruhan acara, itu bertindak sebagai ode dan penutupan masa kecil Mulaika, menciptakan anggukan optimis terhadap pengalaman dari bab hidupnya ini.

Nori Abdullah Badawi berkata, “Saya harap semua orang mengambil sesuatu dari pertunjukan; beri diri Anda izin untuk merasakan. Mungkin bertanya pada diri sendiri seperti apa situasi ini bagi Anda jika Anda bisa melukis? Apa ‘Semangat’ bagi Anda? Bagaimana dengan kegelapan di pandemi ini? Luangkan waktu untuk merasakan – lagipula semua perasaan Mulaika-lah yang menghidupkan semua ini. Sekarang giliranmu.”

“Sebagai seorang pecinta seni, saya sangat beruntung telah menghadiri banyak pertunjukan; kami memiliki karya yang begitu menawan, menakjubkan, dan menggetarkan hati di sini di Malaysia, sebuah negara yang terus berlanjut (walaupun kadang-kadang baru saja), tetapi tetap berlanjut, hingga merangkul DNA keragamannya. Dari akar masyarakatnya hingga campuran apa saja yang dapat Anda pikirkan hari ini, perbedaan kami telah membawa kesulitan, tetapi yang lebih penting kekayaan, keindahan, dan pertumbuhan, “kata Nori, ketika berbicara saat peluncuran.

Baca Juga :  Kegiatan Induction BCA SYNRGY Academy Batch 6

Komponen mencolok dari pameran ini adalah bagaimana Mulaika menggambarkan sisi terang dan gelap dari sifat manusia dan masyarakat modern di Asia. Karya-karya tersebut tidak hanya memberikan wawasan tentang pemikiran para seniman muda tentang masalah yang dihadapi, tetapi juga merupakan output dari kesadaran kolektif yang berlaku di tingkat masyarakat terutama karena Covid-19 telah berdampak pada cara masyarakat menangani masalah.

Mulaika berkata, “‘I Know You’re Somewhere So Far’ ini adalah cermin. Saya membuat karya-karya ini sebagai cara untuk mengekspresikan diri tetapi juga sebagai pengamatan dunia di sekitar saya.”

Telah terjadi peningkatan dramatis dari prevalensi masalah kesehatan mental dan psikososial secara global sejak pandemi Covid-19 dimulai, karena banyak alasan termasuk penguncian yang menyebabkan keterputusan dan isolasi fisik, di atas ketegangan emosional yang disebabkan oleh masalah keuangan dan ekonomi. Ini terutama melukiskan lanskap sosial-ekonomi Asia saat ini.

Kaum muda saat ini, tetap sangat terhubung melalui media sosial, yang menyandingkan cara pandemi ditangani – untuk mengisolasi orang secara fisik sebagai perisai dari virus – yang secara alami menciptakan keterputusan dan konsekuensi yang tidak menguntungkan dari bunuh diri. Ini menyoroti pentingnya percakapan, kesadaran dan resolusi seputar topik ini, terutama untuk menghilangkan stigma dan tabu seputar kesehatan mental dan bunuh diri di banyak masyarakat Asia.

Karya Mulaika mengangkat isu kesehatan mental, dengan karya-karya seperti ‘Every 40 Seconds’, yang mengulas tentang angka bunuh diri; dan ‘Homosapiens’ dan ‘Budak Abad 21’ yang menyentuh realitas masyarakat seperti yang kita kenal sekarang.

Pameran “I Know You’re Somewhere So Far” diselenggarakan oleh Malaysia Global Business Forum (MGBF) dan berlangsung hingga 19 Desember 2021 di KEN Gallery di Taman Tun Dr Ismail, Kuala Lumpur. Penerimaan gratis. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.mulaika.com.@mpa

Baca Juga :  Tahan Persib 1-1, Barito Putera Selamat dari Jurang Degradasi, Persipura Jadi Korban

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Untuk Meminimalisasi Kekerasan Seksual, DPR Diminta Segera Mengesahkan Draft RUU TPKS

Sel Des 14 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Kusnadi meminta agar DPR segera mengesahkan draft rancangan undang-undang (RUU) tindak pidana kekerasan seksual (TPKS), pasalnya undang-undang tersebut dipandang perlu guna melindungi serta meminimalisir kasus TPKS. Demikian dikatakan Kusnadi, dalam menyikapi maraknya kasus pelecehan atau kekerasan seksual yang kerap […]