Setelah “Titirah” di Kebun Binatang Bandung, “Si Abah” Dilepasliarkan Kembali ke Gunung Syawal

Editor Macan tutul "Si Abah" kembali dilepasliarkan oleh BBKSDA Jawa Barat di Gunung Syawal, Selasa (25/8)./visi.news/azzam
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Seekor macan tutul jawa hasil tangkapan sebelumnya, kembali dilepasliarkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, di wilayah Gunung Syawal, Blok Pojok Dusun Pasirtonggoh, Desa Pasirtamiang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (25/8).

“Macan tutul yang kami namakan ‘Si Abah’ ini kami temukan pada 23 Juni 2020 di Blok Cikupa, kondisinya saat itu sangat memprihatinkan, lemah, dalam segi klinis kurang sehat sehingga kami menitiprawatkan di Kebun Binatang Bandung, selama dua bulan. Karena kondisinya kini sudah membaik, hari ini kami melepasliarkan hewan tersebut,” ungkap Kepala BBKSDA Jawa Barat, Ammy Nurwati.

Pelepasliaran “Si Abah” dihadiri oleh Kepala Dinas BKSDA Provinsi Jawa Barat, Kapolres Ciamis, Rektor Universitas Galuh Ciamis, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis, Dinas Perum Perhutani Kabupaten Ciamis, Komunitas alam Satwa Indonesia, Kapolsek Cihaurbeuti, dan Danramil Cihaurbeuti.

Sebelumnya “Si Abah” sempat tertangkap, Oktober 2018 dan dikembalikan lagi ke habitatnya. Ini kedua kalinya “Si Abah” dilepasliarkan. “Pertimbangan kami melepasliarkan di sini, jika di tempat lain dikhawatirkan tidak bisa bertahan karena usianya yang sudah tua. Di sini (Gunung Syawal), dia sudah mengetahui wilayahnya,” jelas Ammy.

Berdasarkan tinjauan tim medis Kebun Binatang Bandung, usia macan tutul tersebut diperkirakan 11 tahun atau 60 tahun usia manusia sehingga sangat rentan jika dilepasliarkan di tempat yang berbeda.

“Kami berharap macan tutul ini masih bertahan dan bisa meningkatkan jumlah populasinya. Setelah dilepasliarkan, kita lakukan pemantauan dan pengamatan selama 9 hari. Memang jangkauan macan tutul ini cukup luas,” ucapnya. @azm

Baca Juga :  Tuntutan Jaksa Ditolak, Herry Wirawan Akhirnya Di Vonis Penjara Seumur Hidup Oleh PN Bandung

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lagi, Satnarkoba Polresta Tasikmalaya Bekuk Pengedar Sabu

Rab Agu 26 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Lagi, Satnarkoba Polresta Tasikmalaya, Jawa Barat, menggagalkan peredaran narkoba di Kota Tasikmalaya. Setelah sebelumnya membekuk dua tersangka pengedar, kini Satnarkoba Polresta Tasikmalaya menangkap satu orang penyalahgunaan dan pengedar narkoba jenis sabu. Tersangkanya berinisial AJ (46) warga Kelurahan Yudanegara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya yang dibekuk polisi di rumahnya, […]