Survei Indonesia Political Opinion: Elektabilitas Kang DS 57,4 Persen Unggul Telak dari Sahrul 28,8 Persen dan Gun Gun 12,1 Persen

Editor Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO). /visi.news/kolase
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KAB BANDUNG  — Lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) baru saja merilis temuan terbaru mengenai sebaran responden dalam pemilihan kepala daerah di Jawa Barat. Berdasarkan hasil survei ini, Bupati Dadang Supriatna unggul telak dengan posisi elektabilitas tertinggi mencapai 57.4%.

Survei ini menempatkan Dadang Supriatna di posisi puncak, jauh mengungguli pesaing terdekatnya, Wakil Bupati Sahrul Gunawan yang memperoleh elektabilitas sebesar 28.8%. Di urutan ketiga, Gun Gun Gunawan mengumpulkan 12.1% dukungan dari responden.

Dominasi Dadang Supriatna

Dadang Supriatna, yang kini menjabat sebagai Bupati Bandung, tampaknya mendapatkan dukungan kuat dari masyarakat. Elektabilitas tinggi ini mencerminkan kepercayaan publik terhadap kinerjanya selama menjabat. Program-program yang pro-rakyat serta keberhasilan dalam menangani berbagai isu lokal, seperti infrastruktur dan pelayanan publik, menjadi faktor utama meningkatnya popularitasnya.

Sahrul Gunawan di Posisi Kedua

Sahrul Gunawan, yang sebelumnya dikenal sebagai artis, menunjukkan performa politik yang belum memadai dengan meraih 28.8% dukungan. Sebagai Wakil Bupati Bandung, Sahrul juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan pembangunan, meski demikian, dukungannya masih terpaut cukup jauh dari Dadang Supriatna.

Gun Gun Gunawan Mengikuti di Belakang

Sementara itu, Mantan Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan berada di posisi ketiga dengan 12.1%. Meskipun berada di urutan terakhir, Ketua DPD PKS Kab. Bandung itu tetap menjadi figur penting dalam kancah politik lokal dengan sejumlah program dan kebijakan yang ditawarkannya.

Metodologi Survei

Survei IPO ini dilakukan pada periode 2-6 Juli 2024 dengan metode wawancara langsung terhadap 1,200 responden yang tersebar di seluruh Kabupaten Bandung. Margin of error dari survei ini adalah ±2.8% dengan tingkat kepercayaan 95%. Pemilihan responden dilakukan secara acak dan mencerminkan demografi penduduk Kabupaten Bandung, termasuk faktor usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan.

Baca Juga :  Haji Kusnadi Berharap Pemprov Jabar Dapat Kembali Membantu Pembangunan RSUD Parung Bogor

Responden terdiri dari 41 persen milenial, 21 persen Gen X, 18 persen Gen Z, serta 20 persen baby boomers. Pembagian jenis kelamin adalah 50 persen pria dan 50 persen wanita, dengan 59 persen responden berasal dari desa dan 41 persen dari kota.

Hasil survei ini menjadi gambaran awal dinamika politik di Kabupaten Bandung menjelang pemilihan kepala daerah. Dengan elektabilitas yang jauh mengungguli para pesaingnya, Dadang Supriatna memiliki peluang besar untuk mempertahankan posisinya sebagai Bupati Bandung. Namun, dengan masih adanya waktu sebelum pemilihan, berbagai strategi dan kampanye dari para kandidat lainnya bisa saja mengubah peta persaingan.

Para pengamat politik dan masyarakat kini menunggu langkah-langkah selanjutnya dari masing-masing kandidat dalam upaya meraih simpati dan dukungan publik. Pertarungan politik di Kabupaten Bandung dipastikan akan semakin menarik untuk diikuti.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Presiden Jokowi Kunjungi Lampung: Resmikan Gedung JLC dan Tinjau Fasilitas Publik

Kam Jul 11 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | LAMPUNG – Pada Kamis, 11 Juli 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Provinsi Lampung untuk melaksanakan serangkaian agenda kerja. Kepala Negara lepas landas dari Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, menggunakan helikopter Super Puma TNI AU sekitar pukul 07.30 WIB. Keberangkatan Presiden didampingi oleh beberapa pejabat penting, termasuk […]