Taj Yasin Dorong Mahasiswa Ciptakan Inovasi Big Data Guna Minimalkan Penolakan Vaksin

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen  berharap mahasiswa mampu memberi inovasi big data yang bisa membantu meluruskan berbagai informasi sesat tentang vaksinasi.

Hal ini disampaikan saat Taj Yasin menjadi pemateri kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Tidar Magelang secara virtual, Rabu (11/08/2021).

“Saat ini yang sedang kita gencarkan di pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, yaitu vaksinasi (Covid 19). Vaksinasi ini belum serta merta diterima oleh masyarakat secara keseluruhan. Masih ada lho masyarakat yang enggan, atau ragu atau takut bahkan yang paling ngeri adalah menolak vaksin, ” beber Taj Yasin

Sebagai informasi, berdasarkan survey BPS Jateng periode 13 – 20 Juli 2021, ada sebanyak 12.944 responden dari total 42.303 responden yang belum menjalani vaksinasi. Sebanyak 4,2 persen responden yang belum menjalani vaksinasi menyatakan ragu terhadap efektivitas vaksinasi.

Masyarakat yang menolak, umumnya karena menerima informasi yang tidak utuh mengenai dampak vaksin. Mereka hanya mendapatkan informasi dari berbagai media, bahwa setelah vaksin seseorang mengalami hal yang tidak diinginkan, tanpa tahu dengan detil apa yang menjadi latar belakangnya.

“Penolakan, keraguan, ketakutan itu dilandasi isu-isu bahwa orang yang setelah divaksin itu bisa mengalami sakit atau yang lebih parah sampai meninggal. Dan itu semua ketika kita teliti, ternyata kita butuh data. Kita butuh big data, ” ungkapnya.

Apabila ada big data rekam medis yang bisa diakses petugas layanan vaksinasi, maka mereka dapat mengambil keputusan dengan tepat, apakah seseorang bisa divaksin atau tidak.

Pemerintah butuh ide cemerlang para mahasiswa untuk mewujudkan inovasi ini, sambungnya. Sehingga, ketakutan dan penolakan masyarakat untuk divaksin, bisa diatasi. @Hzul

Baca Juga :  Santri Dan Jamaah MUNA Girikusumo Menerima Suntik Vaksin

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Richard Lee Ditangkap, Dijemput Paksa di Rumah

Kam Agu 12 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Richard Lee ditangkap dan dijemput paksa dari kediamannya, Rabu (11/8). Penangkapan ini diduga imbas laporan yang dilayangkan Kartika Putri ke polisi. Video saat penangkapan diunggah oleh Istri dari Richard Lee, Reni Effendi. Pada video itu, Richard Lee tampak memberontak dan menolak untuk ditahan ketika dijemput oleh sejumlah orang. Terdengar ia […]