TIPS: Cara Antisipasi Mobil agar Tidak Gagal Nanjak (1)

Editor Ilustrasi mobil gagal nanjak./instagram/@wonderfuljogja/via suara.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Simak tips mengemudi di tanjakan dan cara antisipasi mobil gagal nanjak di bawah ini.

Ketika bepergian dengan mobil, terkadang kita terpaksa melewati jalur tanjakan. Buat yang sudah menguasai teknik mengemudi di tanjakan tentunya tidak merasa takut ketika harus melalui jalur itu.

Akan tetapi, ada baiknya juga untuk selalu mengingat teknik dasar mengemudi mobil baik yang sudah lihai mengemudi maupun belum. Apalagi kalau Anda termasuk orang yang jarang mengemudi di area tanjakan.

Melansir Suara.com, berikut ini tips mengemudi di tanjakan agar lebih waspada dan selamat dalam berkendara.

1. Kombinasi Rem Kaki dan Kopling

Kalau Anda harus melewati tanjakan yang tidak terlalu tinggi, bisa menggunakan kombinasi rem kaki dan kopling untuk berjalan.

Caranya, tekan pedal rem ketika berhenti, lalu netralkan persneling. Ketika mulai berjalan, lepaskan pedal rem perlaha-lahan dengan melepaskan pedal kopling.

Pada kondisi ini mungkin mobil akan bergetar ketika maju perlahan-lahan, tapi tak masalah. Cara ini akan bermanfaat untuk diaplikasikan ketika menaiki tanjakan yang tidak terlalu tinggi.

2. Gunakan Gigi 1 dan 2

Agar mobil bisa berjalan lancar di ketinggian, gunakan gigi 1 dan 2. Gunakan gigi 1 ketika melewati jalur tanjakan yang benar-benar curam. Gunakan gigi 2 ketika melewati tanjakan yang cukup landai.

Penempatan gigi dengan tepat akan membuat perjalanan menjadi lebih lancar. Lagipula ini adalah cara paling efektif mengemudi di tanjakan dengan aman.

3. Gunakan Rem Tangan Ketika Berhenti

Kombinasi gigi 1 dan 2 saja sudah cukup untuk membuat perjalanan lancar di tanjakan dengan mobil.

Selain itu, ketika melalui jalur tanjakan rasanya tidak mungkin kalau kita tidak menjumpai sesuatu di tengah jalan sehingga terpaksa berhenti.

Kalau ada situasi seperti ini ketika berada di jalur tanjakan maka gunakan rem tangan sebagai pengganti kopling.

Baca Juga :  Turnamen Piala Wali Kota Solo Ditunda

Ketika mau berhenti gunakan rem tangan untuk mengerem supaya mobil tidak berjalan mundur. Ketika mau berjalan lagi, lepaskan rem tangan secara perlahan-lahan bersamaan dengan melepaskan kopling.

Sedangkan kaki lain menekan pedal gas untuk bergerak maju. Kalau Anda masih pemula, jangan coba-coba mengemudi di tanjakan, serahkan itu kepada yang sudah ahli. Karena ini berisiko. (bersambung)/@fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Teh Nia Semangati Pengusaha Muda yang Viral di Medsos

Jum Okt 30 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ganis Hari warga Kampung Cibunar RW 5 Desa Citaman, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung. Viral di media sosial (Medsos) karena unggahan @m.adelondok. Dalam video berdurasi pendek tersebut, terlihat Ganis mengendarai sepedah motor membonceng seorang anak kecil dan membawa beberapa barang. Kejadian tersebut dilihat Ade Londok (duta kuliner Jawa […]