TIPS: Cara Rawat Baterai Ponsel agar Tetap Awet

Cara rawat baterai ponsel sesungguhnya tidak sukar. Tetapi harus dilaksanakan secara disiplin dan telaten. Ilustrasi mengisi ulang baterai ponsel./shutterstock/via suara.com/ist.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Cara rawat baterai ponsel yang benar dan tepat sangat penting diketahui agar gawai bisa digunakan maksimal saat bekerja maupun bermain.

Sayang, belum banyak orang yang mengetahui dan menerapkan cara merawat baterai yang benar.

Merawat baterai ponsel yang benar sesungguhnya tidak sukar. Tetapi harus dilaksanakan secara disiplin dan telaten.

Menurut Oppo Indonesia seperti dilansir Suara.com, ada beberapa cara rawat baterai ponsel untuk tetap awet. Berikut cara-caranya:

Pertama, jangan mengisi daya ponsel terlalu lama. Tabiat ini, yang diyakini bisa menambah durasi pakai baterai, justru akan menyebabkan baterai rusak.

Bahkan masih banyak pengguna yang sengaja mengisi daya ponsel sebelum tidur malam dan baru mencabutnya ketika pagi hari.

Padahal cara ini tidak tepat karena bisa menyebabkan kondisi tekanan dan tegangan tinggi pada baterai yang bisa mengikis bahan-bahan kimia di dalam baterai.

Jika bahan kimia semakin tipis, baterai bisa bocor dan cepat rusak.

Kedua, jangan menggunakan pengisi daya atau charger palsu atau milik pihak ketiga.

Alasannya karena hal ini bisa membuat baterai cepat panas dan bahkan memicu percikan api yang berujung pada terbakarnya ponsel.

Ketiga, pengguna disarankan mengisi daya sesegera mungkin ketika daya sudah turun. Tidak perlu menunggu sampai baterai habis 0 persen. Ponsel bisa diisi daya ketika baterai tersisa 40 persen atau 35 persen.

Jika dibiarkan habis hingga 0 persen, tentu waktu yang diperlukan untuk mengisi daya hingga 100 persen akan lebih lama. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Persib Tunggu Surat Resmi PSSI Soal Lanjutan Kompetisi

Kam Okt 29 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Manajemen Persib Bandung menunggu surat resmi dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator soal kompetisi yang direncanakan akan berlanjut pada Februari 2021. “Kami akan menunggu surat resmi dari PSSI termasuk juklaknya (petunjuk pelaksanaan),” ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahyono di […]