Tuntut Bebaskan Habib Rizieq, FPI Gelar Unjuk Rasa di Pemkab dan Mapolresta Bandung

Editor :
Ratusan Massa FPI saat melakukan aksi damai di Mapolresta Bandung, Selasa (15/12/2020) siang./visi.news/yusup supriatna

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ratusan massa Front Pembela Islam (FPI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Mapolresta Bandung, Selasa (15/12/2020) siang hingga Sore.

Dalam orasinya, mereka tegas menuntut dibebaskannya Habib Rizieq Shihab (HRS) dan meminta pengusutan insiden meninggalnya 6 anggota FPI di Jalan Tol Jakarta-Cikampek beberapa waktu lalu.

“Bebaskan pemimpin besar umat Islam Habib Rizieq dan usut tuntas meninggalnya 6 syuhada rekan kami. Allahu Akbar,” teriak salah seorang pendemo dalam orasinya yang dilakukan di atas mobil kap terbuka.

Pantauan VISI.NEWS di lokasi, peserta aksi unjuk rasa yang datang dari berbagai daerah seperti Purwakarta, Garut, Bogor, dan Bandung Raya itu, sebagiannya adalah anak-anak di bawah umur.

Selain itu, mereka juga mengabaikan Protokol Kesehatan (Prokes) karena banyak yang tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.

Hujan yang cukup deras yang turun di kawasan Soreang mulai pukul 14.30 WIB, tidak menyurutkan semangat peserta aksi. Mereka rela hujan-hujanan hanya demi tuntutan mereka dikabulkan.

Seusai audiensi, Ketua DPW FPI Kab. Bandung, Agus Mulyana, menyampaikan kembali dua tuntutannya.

“Kami menuntut, yang pertama usut dan adili secara tuntas, versi kita penculikan dan pembantaian 6 laskar revolusi. Yang kedua, bebaskan imam besar kami, Habib Rizieq Bin Husein Sihab sekarang juga tanpa syarat,” tegas Agus kepada wartawan di lokasi.

Sementara itu, Kapolresta Bandung, Kombes Pol. Hendra Kurniawan menjelaskan, massa aksi meminta pihaknya menyampaikan tuntutannya tersebut ke pemangku kebijakan yang lebih tinggi.

“Ada beberapa tuntutan yang meminta kami menjadikannya sebagai perhatian dan menyampaikannya ke level atas. Kami juga tadi sudah menyampaikan, karena sekarang sedang corona, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masing-masing,” tegas Hendra, didampingi Dandim 0624 Kabupaten Bandung, Letkol Infanteri Donny Ismuali Bainuri.

Hendra menambahkan, pihaknya menerima 6 orang perwakilan dan menyampaikan aspirasinya.

Kata Hendra, pada prinsipnya, kegiatan penyampaian pendapat di muka umum ini berjalan damai, aman, dan lancar berkat kerjasama dengan semua pihak dan dukungan TNI.

“Tuntutan mereka adalah mengusut tuntas meninggalnya 6 laskar FPI dan bebaskan Habib Rizieq. Tuntutan tersebut jelas akan kami sampaikan ke level atas. Mengenai pembebasan, itu bukan kewenangannya,” paparnya.

Setelah puas menyampaikan orasinya, massa pun akhirnya membubarkan diri dengan tertib. @yus

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Respons PSSI Soal Isu Piala Dunia U-20 2021 Mundur

Rab Des 16 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – PSSI menunggu kabar resmi dari FIFA terkait rumor mundurnya pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang digelar pada 2021 mendatang. Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule enggan berkomentar banyak soal kabar Piala Dunia U-20 yang akan mundur dari rencana. Piala Dunia U-20 rencananya akan […]