Uang Coin Kelapa Sawit Ada yang Jual Rp100 Juta, BI: Nilainya Tetap Seribu

Uang Koin Rp 1.000 bergambar kelapa sawit./dok: bank indonesia.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Baru-baru ini viral uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit dijual secara online dengan harga sekira Rp 100 juta. Hal tersebut menjadi perbincangan di dunia maya saat ini.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko menyatakan pihaknya tak mempermasalahkan adanya penjualan uang koin itu hingga ratusan juta rupiah.

Menurutnya, uang pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit itu masih dinyatakan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI sepanjang belum dicabut atau ditarik dari peredaran.

“Kalau dari kita hanya mengingatkan kepada masyarakat, uang itu masih beredar. Jadi kalau digunakan untuk transaksi itu tetap Rp 1.000,” ujar Onny di Jakarta, Minggu (21/6), seperti dilansir Okezone.

Namun, jika ada yang menjual di atas harga nominalnya, pihaknya tak mempermasalahkan. Sebab, apabila seorang kolektor merasa itu memiliki nilai bersejarah dan seni yang tinggi, maka itu tidak dilarang jika ingin membeli dengan harga berapa pun.

“Nah, itu kalau dianggap sebagai koleksi dan barang unik dan antik, susah. Tetapi kalau uang pada waktunya nanti dianggap sebagai barang kuno itu harganya tergantung kesepakatan. Kalau dikumpulkan, ya silakan aja,” kata Onny. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Liga 1 Digulirkan Lagi, Striker Persib Bandung Geoffrey Castillion Tak Sabar

Sen Jun 22 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Liga 1 2020 akhirnya dipastikan bakal diputar kembali pada September mendatang, seperti yang diumumkan oleh PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia, beberapa waktu lalu. Hal ini disambut baik banyak pelaku sepak bola nasional, termasuk striker Persib Bandung Geoffrey Castillion. Saat ini, bomber berusia 29 tahun itu […]