Umat Islam Disarankan Cek Arah Kiblat pada 27 dan 28 Mei

Editor Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Agus Salim menyarankan umat Islam mengecek kembali arah kiblat pada 27 dan 28 Mei 2021./antara/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Agus Salim menyarankan umat Islam mengecek kembali arah kiblat pada 27 dan 28 Mei 2021, pada saat matahari berada tepat di atas Kakbah.

“Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA. Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kakbah,” katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Rabu (26/5/2021), seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pada peristiwa yang disebut Istiwa A’zham atau Rashdul Qiblah itu matahari berada tepat di atas Kakbah dan bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Momentum itu, ia mengatakan, dapat dimanfaatkan untuk memverifikasi kembali arah kiblat dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Agus mengemukakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat, termasuk memastikan benda yang menjadi patokan benar-benar berdiri tegak lurus, permukaan dasar betul-betul datar dan rata, dan jam pengukuran disesuaikan dengan waktu BMKG, RRI, atau Telkom. @fen

Baca Juga :  Ahmad Hidayat Ajak Semua Elemen Bangsa Aktip Melawan Aksi Intoleran

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Villarreal Juara Liga Europa Usai Kalahkan MU Lewat Adu Penalti

Kam Mei 27 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Villarreal menjuarai Liga Europa 2020/21 seusai mengalahkan Manchester United lewat adu penalti penalti yang berakhir dengan skor 11-10 dalam partai final di Stadion Miejski, Gdansk, Polandia, Rabu waktu setempat atau Kamis (27/5/2021) WIB. Pemenang harus ditentukan lewat adu penalti setelah keunggulan yang dimiliki Villarreal lewat Gerard Moreno […]