Warga Berharap Bus DAMRI Jangan Berhenti Beroperasi, Sopir pun Rela Lakukan Ini

Editor Puluhan bus DAMRI tampak terparkir di Kantor DAMRI Cabang Bandung, Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (28/10/2021)./suara.com/m dikdik ra/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Bus DAMRI rute Alun-alun Bandung – Kota Baru Parahyangan masih beroperasi di tengah penghentian beberapa rute DAMRI Bandung.

Namun, warga juga ternyata masih bisa mengakses bus DAMRI rute Alun-alun Bandung – Kota Baru Parahyangan dari Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat.

Padahal seperti diketahui, Bus DAMRI rute Alun-alun Bandung – Ciburuy sudah diberhentikan atau disetop beroperasi untuk sementara sejak 28 Oktober 2021.

Melansir SuaraJabar.id yang melakukan pantauan pada Senin (1/11/2021) di Pool DAMRI yang terletak di Kampung Kutaluhur, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, KBB, ada dua unit bus DAMRI yang melayani penumpang.

Terlihat satu unit Bus DAMRI berwarna biru bersiap untuk melayani masyarakat yang merupakana pelanggan setia DAMRI.
Sementara itu sejumlah penumpang terlihat memasuki bus tersebut.

“Sebetulnya tugas hanya rute Kota Baru Parahyangan, hanya kan kebanyakan penumpang ada yang sampai Ciburuy. Jadi ini inisiatif sopir,” kata Nugraha (50), salah seorang sopir bus.

Ia mengaku mau menambah beban kerjanya dengan membawa bus ke Ciburuy karena merasa kasihan pada penumpang.
Seperti diketahui, rute Alun-alun Bandung – Ciburuy bersama tujuh trayek lainnya yakni Cicaheum-Cibeureum, Ledeng-Leuwipanjang, Dipatiukur-Leuwipanjang, Elang-Jatinangor via Cibiru, Dipatiukur-Jatinangor, Kebonkalapa-Tanjungsari, Cicaheum-Leuwipanjang setop beroperasi untuk sementara sejak 28 Oktober 2021.

Diki Hidayat (41), sopir bus DAMRI lainnya menuturkan, rute yang dilayaninya sudah berpoperasi kembali sejak Minggu (31/10/2021).

Menurutnya, para sopir sendiri kurang mengetahui alasan pasti terhentinya operasional DAMRI di wilayah Bandung Raya. Begitupun kekinian, ia kurang mengetahui rute mana saja yang sudah beroperasi kembali.

“Saya tahu dadakan kalau kemarin itu tidak beroperasi, kurang tahu juga alasannya. Katanya kerugian. Ciburuy – Alun-alun Bandung sekarang sudah jalan lagi, ada 4 bus. Kurang tahu kalau trayek lain,” terang Diki.

Baca Juga :  SKETSA | Melukis

Dikatakannya, selama tidak beroperasi beberapa hari, banyak masyarakat khususnya dari wilayah Padalarang yang menanyakan keberadaan bus DAMRI.

“Banyak yang nanya, ke mana bus. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Beti Rohaeti (40) salah seorang penumpang menuturkan, keberadaan bus DAMRI ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk menunjang mobilitas dengan ongkos murah meriah yakni sekitar Rp 7.000. Sebab, dengan hanya naik sekali saja mereka sudah sampai di pusat Kota Bandung.

“Alhamdulillah udah jalan lagi. Kemarin susah, saya nyari ternyata enggak beroperasi. Harapannya jangan sampai berhenti lagi soalnya sangat dibutuhkan,” tutur Beti. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Fadli Zon: Harus Ada Investigasi Serius Proyek KCJB

Sen Nov 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Anggota DPR RI Fadli Zon menegaskan harus ada investigasi serius terkait Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) antara Indonesia dengan Tiongkok. Sebab, menurutnya, proyek tersebut dinilai sudah bermasalah sejak dari awal pembangunan dengan skema business to business (B to B).   “Proyek kereta cepat sejak awal sudah […]