Wujudkan Sabilulungan Bandung Bersih, Babinsa dan Babinkamtibmas Kec. Ciparay Turun ke Lapangan

Editor :
Kec. Ciparay gelar sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Persampahan./visi.news/yusup supriatna.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Guna mewujudkan Indonesia bebas sampah pada tahun 2025, pemerintah Kabupaten Bandung melalui pemerintah Kecamatan Ciparay melaksanakan giat bersih lingkungan dengan menurunkan petugas dari kader lingkungan yang dibantu oleh petugas Babinsa dan Babinkamtibmas Desa.

Camat Ciparay, Gugum Gumilar mengatakan, bersih lingkungan ini merupakan program nasional. Di Kabupaten Bandung program ini merupakan kegiatan Sabilulungan Bandung Bersih Bebas Sampah Tahun 2020 – 2025.

Menurut Gugum, guna menyukseskan program ini, pihaknya dari kecamatan ikut ambil bagian dengan melibatkan kader lingkungan desa bersama babinsa dan babinkamtibmas

“Petugas ini diturunkan langsung ke lapangan. Selain membantu bersih-bersih, para petugas juga, memberikan edukasi perihal sampah kepada masyarakat,” jelas Gugum kepada VISI.NEWS, usai acara sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Persampahan Kecamatan Ciparay Dalam Rangka Menuju Kabupaten Bandung Bersih Sampah 2025, di Aula Raja Ayam Kec. Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8).

Menurut Gugum, salah satu contoh edukasi perihal sampah kepada masyarakat adalah bagaimana memilah dan memusnahkan sampah dengan baik.

Edukasi ini, lanjut Gugum, diperlukan karena isu lingkungan merupakan isu yang sangat kompleks.

“Bagaimana kita bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, jika masyarakat tidak diberi pemahaman langsung oleh kader lingkungan,” ujar Gugum.

Selama ini, tambah Gugum, dalam tupoksinya kader lingkungan ini sudah jelas dan paham perihal pekerjaannya.

“Kegiatan ini harus bersama masyarakat. Jangan sampai terjadi petugas melakukan bersih-bersih, namun masyarakat masih membuang sampah sembarangan,” tegasnya.

Gugum menambahkan, pengolahan sampah berbasis 3R.

“3 R adalah upaya yang meliputi kegiatan mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), dan mendaur ulang sampah (recycle),” jelasnya.

Dalam penanganan sampah ini, pihaknya berharap warga bisa memilah sampah yang ekonomis. Artinya sampah yang bernilai ekonomis ini nantinya bisa dijual. Selain itu, dengan pemilahan tersebut juga bisa meringankan jumlah sampah.

Untuk pembuangan sampah yang sudah dipilah nantinya sampah tersebut akan diangkut oleh petugas kebersihan dari dinas terkait. @yus

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Yang Mendapat Cahaya Ilahi di Balik Jeruji Besi (2/Habis)

Rab Agu 12 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Karisma, pemikiran, dan keberanian pria kelahiran Nebraska tanggal 19 Mei 1925 itu bersinar terang, hingga membuatnya mampu menjabat sebagai ketua Nation of Islam usai bebas dari penjara. Pada 1964 ia memutuskan keluar karena berseberangan pendapat dengan elite organisasi lain. Di masa setelahnya ia didekati oleh beberapa tokoh […]