Agar Motivasi Kerja Kamu Gak Mudah Hilang, Ini Tipsnya

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kehilangan motivasi memang banyak menjadi alasan seseorang, saat mereka dihinggapi rasa malas, kurang semangat bahkan ingin berhenti dan menyerah untuk melanjutkan kembali apa yang sudah mereka lakukan, padahal mereka belum sampai pada tujuan yang diinginkan.

Namun, motivasi itu bisa saja kembali meredup dengan disertai perasaan-perasaan negatif yang bermunculan dari dalam diri kamu. Nah, untuk menjaga agar motivasi kamu tak mudah hilang, kamu perlu tahu nih tips-tips berikut:

1. Niat awal kamu ketika ingin melakukan suatu pekerjaan

Mengapa sih niat itu perlu dalam setiap aktivitas atau pun rencana yang nantinya akan kamu lakukan? Alasan yang cukup sederhana adalah niat itu menjadi kekuatan utama bagi kamu sebelum melakukan suatu pekerjaan.

Ketika niat kamu benar dengan tujuan yang baik, sudah barang tentu, motivasi kamu akan tetap terjaga dan membuat kamu konsisten secara terus menerus hingga menyelesaikannya.

Kalau saja, pada prosesnya kamu mengalami penyimpangan atau keluar dari rel yang seharusnya, maka segeralah kembali kepada niat awal sebelum kamu memulai pekerjaan tersebut.

2. Fokus pada pekerjaan utama sebelum melangkah ke pekerjaan selanjutnya

Boleh jadi, kamu paham dan menguasai setiap teknik serta strategi yang dilakukan untuk mencapai tujuan kamu. Namun, pada akhirnya kamu hanya mengalami kegagalan bukan karena kamu kurang smart, melainkan kamu tidak fokus saat kamu melakukannya.

Sehingga motivasi kamu bisa kendor karena kegagalan tersebut. Untuk itu, terlebih dahulu fokuslah mengerjakan apa yang seharusnya dan lakukan tahap demi tahap.

3. Tetap enjoy mengerjakannya tanpa merasa terbebani

Merasa terbebani pada suatu pekerjaan memang dapat membuat motivasi kamu menurun dan akibatnya produktivitas kamu pun ikut menurun.

Baca Juga :  Bandung Hari Ini Panas atau Hujan Yah? Ini Prakiraan Cuaca dari BMKG

Apapun pekerjaan kamu baik kecil ataukah sebuah pekerjaan yang besar, kamu harus berlapang dada dan punya dedikasi yang tinggi dengan pekerjaan yang kamu tekuni saat ini agar kamu bisa enjoy menjalaninya.

4. Beristirahatlah saat kamu merasa lelah

Terus-terusan bekerja juga gak baik buat kamu, karena akan berdampak pada konsentrasi yang berkurang. Istirahat yang cukup akan sangat membantu kamu memulihkan tenaga kamu. Pekerjaan tersebut mungkin sangat penting, tapi bukan berarti kamu abai dengan tubuh kamu tanpa beristirahat.

5. Miliki tujuan dan target yang jelas

Buat apa kamu melakukan sesuatu, sedangkan kamu sendiri tidak tahu tujuan dan targetnya. Sama halnya kamu menyia-nyiakan waktu kamu untuk sesuatu yang tidak berarti. Iya gak?

Target dan tujuan yang jelas atas suatu pekerjaan juga sangatlah penting. Karena itu akan memotivasi kamu untuk melakukan yang terbaik dan dengan cara-cara yang terbaik.

6. Temukan hal-hal yang mendukung semangat kamu ketika bekerja

Motivasi tidak selalu bergantung pada satu hal tertentu saja. Misalnya, kamu baru akan termotivasi kembali jika kamu bermain game. Itu baik, namun akan sangat mengganggu apabila sudah ketagihan dengan game tersebut.

Sehingga kamu perlu mencari hal-hal lain yang jauh lebih baik. Yah, misalnya membaca buku motivasi, menonton video-video inspiratif, atau bergaul dengan teman-teman yang memberi dampak positif untuk kamu. Dengan begitu, kamu memiliki ragam cara menghadirkan motivasi dalam diri kamu.

Tentulah tips-tips di atas, bukanlah sesuatu yang terikat untuk kamu aplikasikan. Karena kamu bisa menemukan cara yang lain. Dan paling penting adalah kekuatan motivasi yang mesti kamu hadirkan berasal dari dalam diri kamu.@mpa/idntimes.com

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Umrah Dibuka Lagi, Pemerintah Diminta Jamin Prokes Calon Jemaah

Sen Okt 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori mengapresiasi atas dibukanya kembali penyelenggaraan ibadah umrah di Arab Saudi bagi calon jemaah asal Indonesia. Menindaklanjuti hal tersebut, ia meminta Pemerintah Indonesia menyiapkan protokol kesehatan (prokes) bagi calon jemaah yang hendak beribadah umrah demi menghindari risiko penularan virus Covid-19. […]