Arab Saudi Umumkan Idul Fitri Jatuh Pada 13 Mei

Editor :
Bulan sabit terbit di dekat menara masjid yang diterangi di Amman 26 November 2003. Umat Muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Fitri, menandai akhir bulan suci Ramadhan. /Reuters

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Idul Fitri akan dimulai pada Kamis 13 Mei karena bulan Syawal tidak terlihat pada hari Selasa, demikian akun Twitter Haramain Sharifain yang memposting langsung dari observatorium Tumair di Arab Saudi.

Komite Penglihatan Bulan Kerajaan Arab Saudi di observatorium Tumair, dilansir dari Al Arabiya, Rabu (12/5/2021) tidak melihat bulan sabit pada hari Selasa, menurut Haramain Sharifain. Idul Fitri akan dimulai satu hari lebih awal seandainya bulan terlihat.

Perayaan Idul Fitri menandai akhir bulan saleh dan puasa sepanjang hari bagi 1,8 miliar Muslim dunia.

Pengadilan Kerajaan Arab Saudi telah meminta semua jamaah di Kerajaan untuk menyaksikan langit untuk kemunculan bulan sabit, yang harus dilihat dengan mata telanjang untuk secara resmi menandai awal bulan kalender Islam Syawal.

Muslim mengikuti kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam satu tahun 354 atau 355 hari.

Idul Fitri secara tradisional dirayakan dengan pertemuan besar bagi jamaah untuk sholat dan berbuka puasa.

Beberapa Muslim terus berpuasa selama enam hari berturut-turut setelah Idul Fitri. Praktik ini dianggap setara dengan puasa sepanjang tahun karena keyakinan bahwa perbuatan baik tertentu akan diberi pahala sepuluh kali lipat.

Pihak berwenang di Arab Saudi tahun ini telah menyiapkan tindakan pencegahan di 20.569 masjid di seluruh Kerajaan untuk membatasi penyebaran Covid-19 menjelang masuknya jamaah Idul Fitri, menurut Saudi Press Agency.

Kementerian Urusan Islam meminta sukarelawan untuk membantu mengarahkan masuk dan keluar jamaah di ribuan masjid Kerajaan untuk menjaga jarak fisik.@mpa/al arabiya

Baca Juga :  Di Tengah Pandemi, Festival Dalang Cilik 2021 Digelar Secara Daring

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Trafic Pemudik ke Kota Solo Tidak Terlalu Ramai

Sel Mei 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama Kapolresta Surakarta, Kombes Pol. Ade Syafri Simanjuntak, memantau secara langsung pelaksanaan penyekatan terhadap warga yang nekat mudik dan memasuki Kota Solo, pada Selasa (11/5/2021). Titik lokasi yang ditinjau wali kota Solo, adalah pintu masuk Kota Solo dari arah Jakarta atau […]