Bea Cukai Tangani Lagi Pengeluaran 200 Tabung Oksigen dari Singapura ke DKK Solo

Editor Proses pengeluaran barang hibah 200 tabung oksigen dari Singapura untuk DKK Solo, yang ditangani Kantor Bea Cukai Surakarta/visi.news/istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kantor Bea Cukai Surakarta kembali menangani pengiriman tabung oksigen dari Singapura lewat Bandara Internasional Adi Soemarmo, dengan alamat penerima Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo.

Beberapa hari sebelumnya, Bea Cukai Surakarta membantu mengurus pengeluaran 200 tabung oksigen asal Singapura dengan fasilitas pembebasan bea masuk dan pungutan pajak dalam rangka impor (PDRI).

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso, menyatakan kepada awak media, Minggu (25/7/2021), pihaknya memandang penting untuk mendapatkan informasi lebih awal dari rencana kedatangan barang yang tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Sabtu (24/7/2021).

“Informasi awal itu penting, agar kami dapat segera melakukan koordinasi dan asistensi persiapan. Sehingga pada saat kedatangan barang, pengeluaran dapat dilakukan secepatnya,” katanya.

Impor tabung oksigen tahap kedua sebanyak 200 unit tersebut, merupakan barang hibah dari Shopee Singapura kepada DKK Solo untuk mengatasi kelangkaan oksigen akibat membludagnya pasien Covid – 19 di rumah sakit.
Dalam menangani proses pengeluaran barang impor tabung oksigen tersebut, kata Budi Santoso, Bea Cukai menerapkan skema layanan cepat “Rush Handling”, merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74/PMK.04/2021 dan pemberian fasilitas pembebasan bea masuk (BM) dan PDRI berdasarkan PMK Nomor 92/PMK.04/2021.

“Bea Cukai menangani semua itu sebagai wujud komitmen kami untuk membantu masyarakat, dalam upaya menanggulangi wabah covid-19 secepatnya,” tutur Budi lagi.

Dalam fasilitasi penanganan barang hibah berupa tabung oksigen, pada Sabtu (24/7/2021), sambung Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta itu, pihaknya berperan aktif
menjembatani dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk
pengeluaran barang hibah tersebut agar dapat segera dimanfaatkan.

Sebanyak 200 tabung oksigen tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo, pada Sabtu pukul 15.30 WIB, pembongkarannya disaksikan
disaksikan aparat Bea Cukai Surakarta, DKK Surakarta, Angkasa Pura Logistic, dan Satgas Covid-19 dari TNI AU.

Baca Juga :  Kadinkes Pastikan Tidak Ada Hepatitis Akut Misterius di Jatim

Terpisah, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menyatakan, kelancaran proses pengeluaran tabung oksigen dari bandara berkat dukungan kerjasama Bea Cukai Surakarta yang membantu proses sejak kedatangan sampai keluar dan barang diangkut ke DKK Solo.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi dan kerjasama dengan Bea Cukai dalam melancarkan pengiriman tabung oksigen tersebut. Semua ini akan sangat membantu untuk menyelamatkan masyarakat yang terpapar Covid -19,” ujar Teguh.@tok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

9 Agustus, Jemaah Umrah yang Sudah Divaksinasi akan Mulai Berdatangan ke Arab Saudi

Sen Jul 26 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sekitar 500 perusahaan dan lembaga layanan umrah serta lebih dari 6.000 agen umrah asing bersiap untuk menerima jemaah umrah asing yang divaksinasi efektif mulai 9 Agustus (1 Muharram). Para calon peziarah dapat memesan paket umrah dan melakukan semua pembayaran melalui sekitar 30 situs dan platform elektronik yang […]