Dugaan Pungli di MKKS Kab. Bandung, GNPK RI Jabar Siap Mengadvokasi Para Kepsek SMK

Editor Ketua GNPK RI Jawa Barat, H. Nana Supriatna Hadiwinata./visi.news/istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK RI) Jawa Barat (Jabar), menegaskan, agar para Kepala Sekolah (Kepsek) SMK di Kabupaten Bandung, berani melaporkan terkait adanya dugaan iuran MKKS yang tak ada payung hukumnya dan memberatkan di masa pandemi Covid-19 ini.

Baca juga
Iuran Ganjil Majelis Kepala Sekolah
MKKS Perlu Transparan agar Tidak Menimbulkan Suudzan
Saber Pungli Jabar Mengaku Terkejut Adanya Iuran untuk MKKS di Kab. Bandung
Terkait Iuran MKKS SMK di Kab. Bandung, Kadisdik Jabar akan Segera Panggil Kepsek dan Pengurus

Demikian dikatakan Ketua GNPK RI Jabar, Nana S Hadiwinata, kepada VISI.NEWS, Senin (20/12/21).

Menurutnya, dugaan iuran MKKS dilingkungan SMK Kabupaten Bandung tersebut dinilai telah mencederai institusi pendidikan, terlebih dugaan iuran MKKS itu diduga tidak berdasar payung hukum yang jelas.

“Para Kepsek SMK di Kabupaten Bandung, jika merasa keberatan atas adanya dugaan iuran MKKS tersebut, harus berani untuk melapor, baik terhadap institusi Aparat Penegak Hukum (APH) atau ke Satgas Saber Pungli Jabar,” katanya.

Tentunya, lanjut Nana, harus disertai dengan alat bukti yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga laporan tersebut dapat ditindak lanjuti, jika kemudian terdapat adanya indikasi dugaan tindak pidana, maka persoalan dugaan iuran MKKS itu, sudah pasti akan diproses secara hukum yang berlaku.

“GNPK RI Jabar siap mengawal jika para Kepsek SMK mau melaporkan kaitan dengan persoalan ini ke APH ataupun ke Satgas Saber Pungli Jabar, serta menjamin kerahasiaan pelapor sesuai amanat UU Perlindungan Saksi dan Korban,” ujarnya.

Selain itu, katanya, sebagai lembaga pencegahan dan pemberantasan korupsi, GNPK RI Jabar, memastikan akan melakukan pendampingan terhadap para Kepsek SMK hingga mendapat kepastian atas persoalan yang dianggap memberatkan para Kepsek SMK di Kabupaten Bandung tersebut.

Baca Juga :  REFLEKSI | Cinta Kesatrianya Allah

“GNPK RI siap mengadvokasi para Kepsek SMK di Kabupaten Bandung, sebagai bentuk keseriusan dalam menyikapi persoalan ini, dalam waktu dekat GNPK RI akan menerjunkan tim guna melakukan investigasi,” ungkap Nana.

Tidak hanya itu, upaya lain dalam menyikapi dugaan iuran MKKS ini, GNPK RI Jabar mendesak Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, untuk segera melakukan pemanggilan terhadap para pihak, baik itu para Kepsek SMK maupun Pengurus MKKS di Kabupaten Bandung.

“Kadisdik seharusnya segera menyikapi persoalan ini, segera lakukan pemanggilan terhadap Kepsek SMK dan Pengurus MKKS guna dimintai keterangannya jangan kemudian dibiarkan berlarut-larut,” tegasnya.

Terakhir, GNPK RI tidak akan segan untuk melaporkan setiap tindakan yang diduga terindikasi melawan hukum, yang melibatkan instansi manapun, termasuk terkait dengan dugaan iuran MKKS di Kabupaten Bandung ini,

“Jika memang terindikasi dugaan melawan hukum yang melibatkan siapa pun atau instansi manapun, kami akan segera melaporkannya ke APH,” pungkasnya.@eko

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Peringati Hari Jadi ke-73, FBN RI Gelar Rangkaian Kegiatan

Sen Des 20 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Forum Bela Negara Republik Indonesia (FBN-RI) Jawa Barat, pada Minggu dan Senin (19-20/12/2021) menggelar rangkaian acara Hari Bela Negara ke-73. Acara yang digelar di Gedung Indonesia Menggugat Jln. Perintis Kemerdekaan No. 5  dan Halaman Gedung Sate itu mengusung moto  “Kesadaran, Kebersamaan, dan Kekuatan untuk Jabar […]