Dede Yusuf Berharap Bupati Bandung Dapat Bangkitkan Lagi Sektor Pariwisata

Editor :
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bandung H. Endang (kanan) berfoto bersama Dadang Supriatna dan Dede Yusuf Macan Efendi./visi.news/dok/istimewa.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan bahwa banyak sektor pariwisata yang belum tersentuh karena anggaran yang masih terbatas. Ia berharap kepada Bupati Bandung HM Dadang Supriatna untuk menyentuh para pelaku pariwisata atau kegiatan pariwisata yang dapat membangkitkan kembali ekonomi di sektor pariwisata.

“Jika berbicara pariwisata, tahun lalu pariwisata kita kolaps,” kata Dede Yusuf dalam Bimbingan Teknis (Bimtek)  Pengenalan Wisata Bisnis (Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran/MICE) di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Kab. Bandung, yang diselenggarakan di Graha Wirakarya, Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa (5/5/2021).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui Direktorat Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, Pameran/Mice Deputi Bidang Produksi Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Event) itu, Dede Yusuf mengatakan, pandemi Covid-19 tidak jelas akan sampai kapan.

“Terlebih sekarang ini varian baru Covid-19 dikabarkan sudah masuk Indonesia, contoh kasusnya
ada di Riau dan Jawa Tengah,” ujarnya.

Ia berharap tidak terjadi tsunami Covid-19 kedua. Makanya, pemerintah melarang mudik Lebaran. “Kami berharap pariwisata bisa tumbuh dan berkembang. Kami berharap pandemi segera berakhir,” katanya.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, kata Dede Yusuf, Komisi X DPR RI bersama pemerintahan terus
mendorong anggaran dalam upaya meningkatkan wisata desa. Sehingga, kegiatan ini pun yang biasanya diselenggarakan di hotel berbintang, bisa diselenggarakan di sebuah graha.

“Sehingga kita turut memberikan kesempatan kepada pemilik gedung dari manfaat kegiatan bimtek
tersebut,” ungkapnya.

Orangnya Ramah, Pariwisatanya Sukses

Pembicara lainnya, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Event) Ir. Rizki
Handayani mengatakan bahwa pariwisata bisa sukses jika orangnya ramah tamah. “Bandung Raya punya potensi besar sebagai penerima tamu dan harus dijaga. Selain ramah tamah,
juga faktor keamanan dan kenyamanan. Karena masyarakat pergi ke tempat wisata untuk mencari
tempat yang aman,” kata Handayani.

Baca Juga :  KHUTBAH JUMAT: Perjanjian Iman Antara Manusia dan Allah SWT

Ia mengungkapkan, untuk menangkal Covid-19 lebih baik di rumah saja. “Apalagi dengan Covid-19 varian baru ini, tak hanya menyerah orang tua, juga anak-anak muda. Semakin lama pandemi Covid-19, ekonomi akan semakin terpuruk,” katanya.

Sedangkan Kepala DPD Asperapi Provinsi Jawa Barat Dede Koswara, narasumber yang hadir pada bimtek menyatakan, bisnis MICE merupakan bisnis event.

“Pengaruh MICE sangat luar biasa pada perkembangan ekonomi daerah,” katanya.

Ia pun menilai di Kabupaten Bandung tidak sedikit yang membuat karya kreatif, baik berupa makanan dan lain-lain. Pengunjung dan wisatawan adalah raja, mereka adalah yang punya uang. “Kita sebagai pelaku pariwisata bisa melahirkan ide kreatif yang memiliki nilai lebih. Kitaharus kompak menjalankan prokes, jika ingin Covid-19 segera hilang. MICE bisa memberikan kemajuan bagi daerah, dan ekonominya berkembang,” tutur Dede Koswara.

Narasumber lainnya, Daniel Guna Nugraha mengatakan, target potensi wisata bisa menjadi devisa
dan menghasilkan uang untuk peningkatan ekonomi.

Pada pelaksanaan bimtek itu selain dihadiri anggota DPR RI H. Dede Yusuf M. Effendi, Deputi Bidang
Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Event) Ir. Rizki Handayani, Koordinator Bidang
Promosi dan Pendukungan Titik Wahyuni. Perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi
Jabar dan Kabupaten Bandung, juga hadir Dede Koswara (Kepala DPD Asperapi Provinsi Jawa Barat),
Daniel Guna Nugraha, S.Ip., (Direktur Mutu LSP PT. ASITA Kompeten Indonesia).

Bimtek pengenalan wisata bisnis itu diikuti sekitar 100 peserta yang berasal dari pegiat atau
pelaku wisata yang merupakan warga Kabupaten Bandung.@maf

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

USWAH: Setelah Memeluk Islam, Khalid bin Walid Minta Didoakan Nabi

Rab Mei 5 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Dalam detik-detik tersentuhnya Khalid dengan Islam dan memeluk agama ini, saat bertemu dengan Nabi ia pun minta didoakan.  Sebelum memeluk Islam, Khalid bin Walid bisa dikatakan orang dekat Nabi. Ibu Khalid adalah saudara kandung istri terakhir Nabi. Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Membaca Sirah Nabi […]