Dorong Inovasi Mahasiswa : FIFGROUP Umumkan 5 Kelompok Terbaik Pemenang FIFGROUP Youth Innovation 2021

Editor Kegiatan Closing and Awarding Ceremony FYI 2021 kali ini dihadiri oleh jajaran direksi dan management FIFGROUP yang turut meramaikan penganugrahan piagam penghargaan kepada 5 tim terbaik di ajang kompetisi FYI 2021. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – PT Federal International Finance (FIFGROUP) sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, memiliki misi yang berfokus untuk membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat.

Dalam upayanya, FIFGROUP turut berkontribusi aktif pada pengembangan masyarakat Indonesia, salah satunya dengan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat pendidikan tinggi atau universitas melalui pagelaran kegiatan kompetisi tahunan, yaitu FIFGROUP Youth Innovation (FYI) 2021.

FYI merupakan kompetisi yang ditujukan untuk mahasiswa kreatif dan inovatif Indonesia. Melalui kegiatan ini, mahasiswa Indonesia diberikan kesempatan untuk mengembangkan dirinya dari sisi technical maupun soft competencies dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi persaingan di dunia kerja nantinya.

FYI 2021 dimulai sudah berjalan sejak bulan Juni hingga September 2021. Melalui kegiatan ini, sebanyak 264 tim pendaftar dari total 124 instansi pendidikan tinggi di seluruh Indonesia turut berpartisipasi.

Di dalam kompetisi FYI 2021 terdapat 2 kategori perlombaan, yaitu kategori bisnis dan Information Technology (IT). Untuk kategori bisnis, tim akan diberikan pembekalan untuk mengasah sense of business setiap tim dan diminta untuk membuat dan merancang business case dengan ide inovasi dan improvement yang akan diciptakan.

Pada kategori IT, tim diminta untuk membuat sebuah aplikasi web ataupun mobile. Tim pada kategori ini diberikan tantangan untuk menyelesaikan mock-up dari aplikasi yang dikembangkan.
Ide improvement yang diminta pada kompetisi FYI 2021 ini, FIFGROUP memberikan assignment kepada seluruh tim untuk melakukan pengembangan atas tiga lini bisnis FIFGROUP, yaitu Used Financing, Microfinancing, dan AstraPay.

Sebagai penutup kegiatan FYI 2021, FIFGROUP menyelenggarakan Closing and Awarding Ceremony pada hari Kamis (21/10/2021) dengan mengundang jajaran direksi dan management FIFGROUP serta 5 tim terbaik. Kelima juara tersebut selanjutnya mendapatkan penghargaan berupa paket Dana Pendidikan dan beragam hadiah menarik lainnya.

Baca Juga :  Asep Sobandi, Ketua Korwil II PWI Jabar Meninggal Dunia

Pada kesempatan tersebut, Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, mengatakan : “FIFGROUP dengan agility dan inovasi dapat melalui pandemi Covid-19 dengan berbagai tantangan yang ada. Continous impovement and innovation khususnya yang diberikan oleh generasi muda FIFGROUP, menjadi faktor penting dalam perkembangan sebuah perusahaan.”

Senada dengan Margono, Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, mengungkapkan kegiatan FYI 2021 menjadi bekal bagi seluruh mahasiswa Indonesia yang berpartisipasi dalam menghadapi journey selanjutnya khususnya di dunia kerja.

Dalam kompetisinya, FYI 2021 memilih 5 tim dengan inovasi terbaik dan dapat diaplikasikan pada ekosistem bisnis FIFGROUP menjadi juara. Setiap tim terdiri dari 2 mahasiswa yang berasal dari universitas yang berbeda.
Tahapan Kompetisi FIFGROUP Youth Innovation 2021

Berbagai tahapan dilakukan oleh tim selama proses kegiatan FYI 2021 berlangsung, mulai dari proses seleksi, online workshop, eksplorasi data, pengajuan proposal, ekseksi proposal, dan final review hingga terpilih 5 tim terbaik sebagai juara dalam kompetisi tersebut.

Proses seleksi yang dilakukan terdiri dari seleksi administratif, psikotes, dan interview untuk mendapatkan 20 tim final. Selanjutnya, 20 tim terpilih akan mendapatkan program online workshop yang mengajarkan mereka mengenai Business Case Assignment, Design Thinking for Innovation, Application Development, dan tentunya Soft Skill Training.

Di tahapan berikutnya, tim diberi kesempatan untuk mengeksplorasi Kantor Cabang maupun Kantor Pusat FIFGROUP melalui daring untuk mencari data dan mengamati proses bisnis secara aktual. Setelah memahami seluruh proses yang ada, selanjutnya 20 tim tersebut mendapatkan sesi mentoring dengan coach dan juga buddy project.

Seluruh hasil analisis dari informasi yang mereka dapatkan selanjutnya dibentuk menjadi sebuah ide yang selanjutnya diajukan menjadi proposal. Proposal tersebut selanjutnya diajukan dan tim diminta untuk mengimplementasikan ide project yang telah dibuat.

Baca Juga :  Satgas Citarum Harum Ajak Masyarakat Budi Daya Ternak Itik, Lele, dan Maggot Manfaatkan Bios 44

Di akhir kegiatan, atas seluruh project tersebut akan mendapatkan final review untuk dipilih 5 tim terbaik untuk menjadi juara pada kegiatan FYI.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia Tingkatkan Inisiatif untuk Atasi Kesenjangan Literasi Digital di Bali

Jum Okt 22 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BALI – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, memperkuat komitmennya untuk meningkatkan literasi digital lewat berbagai rangkaian talkshow dan program “Indonesia Makin Cakap Digital.” Salah satu rangkaian program tersebut dilaksanakan di Bali pada Oktober 2021, yang secara khusus menargetkan pelajar, guru, […]