GMBI Bantu Percepat Target Herd Immunity

Editor Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di RS Immanuel ditinjau oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana serta Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna dan aparat kewilayahan, Selasa (3/8/2021). /visi.news/humas bandung
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Guna mempercepat target herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap Covid-19, berbagai elemen masyarakat di Kota Bandung terus membantu percepatan vaksinasi Covid-19. Kali ini dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung.

Vaksinasi dilaksanakan di Rumah Sakit Immanuel, Jln. Kopo, Selasa-Rabu (3-4/8/2021). Sebanyak 500 orang yang menjadi terget vaksinasi merupakan anggota GMBI beserta keluarga dan masyarakat sekitar Kecamatan Bojongloa Kidul.

Ketua Distrik LSM GMBI Kota Bandung, Moh Mahsur mengatakan, kegiatan vaksinasi serempak ini bertujuan menjaga dan meningkatkan imunitas khususnya para anggota GMBI, keluarganya, dan masyarakat luas umumnya.

“Kita juga ingin membantu Pemerintah Kota Bandung dalam penanggulangan masalah Covid-19. Sehingga kita berinisiatif untuk melakukan vaksinasi ini,” katanya.

“Kapasitasnya 500 orang dan diberikan waktu dua hari. Karena kalau dijadikan satu hari takutnya terjadi kerumunan,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama RS Immanuel, dr. Ruly Sjambali menyampaikan, pihaknya telah berpengalaman dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, sehingga tidak ada kendala dalam kegiatan ini.

“Ini kerja sama GMBI, Dinkes Kota Bandung, dan Kewilayahan, karena di Bojongloa Kidul ini susah sekali ditarik (untuk vaksin), melalui kegiatan ini jadi bisa ikut vaksinasi,” katanya.

“Kami menyediakan tempat dan vaksinator, satu tim sekitar 12-16 orang. Sebelumnya dapat kabar dari Dinkes mau tidak jadi fasilitator tempat vaksinasi? Saya bilang tidak masalah di sini (RS Immanuel),” ungkapnya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di RS Immanuel ditinjau oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna dan aparat kewilayahan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap, proses percepatan vaksinasi di Kota Bandung yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat dan Rumah Sakit dapat mempercepat target Herd Immunity.

Baca Juga :  Mahfud Ungkap Sulitnya Kontrol Medsos: Perlu Kerja Sama Demi Jaga Bangsa

“Target kita 1,9 juta orang. Semakin banyak orang yang divaksin di Kota Bandung, mencapai 70 persen (dari jumlah penduduk), harusnya Herd Immunity terbentuk. Kita cukup banyak vaksinator terlatih mencapai lebih dari 1.000,” katanya.

“Pemerintah pusat juga telah menyampaikan dalam Rapat Koordinasi, Agustus ini vaksin akan cukup banyak yang masuk, dibagi untuk beberapa daerah. Terutama mungkin karena kemarin Kota Bandung cukup diapresiasi karena capaian vaksinnya 40 persenan,” tambahnya.@rul

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Jabar Bergerak Salurkan Bantuan Dua Unit Ambulans dan 14.000 Paket Sembako

Rab Agu 4 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pendiri Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil menyerahkan bantuan berupa dua unit ambulans yang merupakan kolaborasi dari Yayasan Rumah Cintara dan bank bjb, serta 14.000 paket sembako secara virtual dari Rumah Singgah Humanis (Rangganis), Kota Bandung, Senin (2/8/2021). Menurut Atalia, dua unit ambulancs tersebut akan ditempatkan di […]