Kemensos dan Kemendes pantau Puskesos Desa Cibiru wetan Cileunyi Kabupaten Bandung

Editor Kades Cibiruwetan Hadian Supriatna saat menerima kunjungan Bito Wikantosa perwakilan Kemendes di GOR Desa Cibiruwetan, Sabtu (10/4/2021)./visi.news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Keberadaan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Desa Cibiruwetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung dikunjungi, dipantau dan diobesvasi Kementrian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Desa (Kemendes) RI ke Desa Cibiruwetan, Sabtu (10-4-2021).

Selain Kemensos dan Kemendes, turut hadir juga rombongan dari
Kantor Setwapres,
Sekretariat Kabinet, termasuk unsur dinas instansi terkait di Pemkab Bandung dan Kecamatan Cileunyi.
Kades Cibiruwetan, Hadian Supriatna usai kunjungan dari Kemensos dan Kemendes tersebut mengaku bangga dan mengapreasiasi Puskesos di desanya langsung ditinjau, dipantau dan diobervasi. “Kunjungan ini merupakan kebanggaan bagi Pemerintah Desa Cibiruwetan, unsur dan lembaga lainnya di desa. Betapa tidak ini jadi pendorong agar Puskesos Cibiruwetan tetap eksis, mandiri dan profesinal,”ujar Hadian.kepada wartawan VISI.NEWS usai acara kunjungan dari Kemensos dan Kemendes di kantor desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Menurut Hadian yang desanya kini berstatus desa mandiri kunjungan Kemensos dan Kemendes ke Puskesos Desa Cibiruwetan ini sudah dipastikan terkait dengan keberadaan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD). “Soal LKD dan LAD di Desa Cibiruwetan kan sudah di Perdeskan (Peraturan Desa). Dalam Perdes tersebut tertulis jika Puskesos Desa Cibiruwetan adalah salah satu lembaga di desa,” terang Hadian. Setelah ditinjau, dipantau dan diobervasi Kemensos dan Kemendes ini, berharap ada nilai tambah bagi keberadaan Puskesos Cibiruwetan.”Untuk selanjutnya kita serahkan ke Kemensos dan Kemendes, kan ada penilaian tersendiri. Yang pasti keberadaan Puskesos Cibiruwetan telah di Perdeskan dan apa adanya,” ungkap Hadian.

Sementara itu, Bito Wikantosa, Direktur Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Perdesaan Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi RI yang mewakili rombongan mengapresiasi keberadaan Puskesos Desa Cibiruwetan ini. “Ya ini hajatan kami dari Kemensos dan Kemendes untuk meninjau, memantau dan mengobservasi Puskesos Desa Cibiruwetan sejauhmana keberdaannya,” kata Bito. Menurut Bito kunjungan, pantauan dan observasi ke Puskesos Cibiruwetan ini, selain terkait Perdes LKD dan LAD, juga untuk bahan bagi pemerintah pusat untuk dikembangkan bagaimana mengelola Puskesos tetap eksis, berkembang, mandiri dan profesional.

Baca Juga :  Himpuh Berharap Ibadah Haji Tahun 2021 Terselenggara

“Jujur, keberadaan Puskesos Cibiruwetan patut jadi contoh bagi Puskesos di tingkat Kabupaten Bandung khususnya, umumnya Puskesos di tingkat nasional,” pungkas Bito. @bud

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Golkar Institute Akan Lahirkan Pemimpin-Pemimpin Masa Depan Indonesia

Ming Apr 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Yayasan Golkar Institute Sekolah Pemerintahan dan Kebijakan Publik, Ace Hasan Syadzily menyampaikan bahwa kader-kader yang telah dididik dalam melalui program Executive Education Program For Young Political Leaders akan menjadi pemimpin masa depan. Hal itu disampaikan kepada peserta saat penutupan program tersebut, Sabtu (10/4/2021) di Kampus Golkar […]