Ketua MPR Minta BKN Jelaskan ke Masyarakat Soal 97.000 PNS Misterius

Editor Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan kepada masyarakat kronologis 97.000 pegawai negeri sipil misterius./antara/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan kepada masyarakat kronologis 97.000 pegawai negeri sipil misterius atau tidak jelas keberadaannya, namun mendapatkan gaji dan iuran pensiun.

Bambang Soesatyo dalam keterangan persnya diterima di Jakarta, Selasa (25/5/2021, seperti dilansir Antara meminta hal itu sebagai respons dari BKN yang mengungkapkan temuan mereka pada tahun 2014 tentang sebanyak 97 ribu database pegawai negeri sipil (PNS) yang tidak jelas keberadaannya, namun mendapatkan gaji dan iuran pensiun.

“Meminta BKN bersama kepolisian untuk melakukan pendalaman terhadap temuan tersebut dan memberikan penjelasan kronologis kasus temuan database PNS yang tidak jelas, mengingat database yang diungkapkan sudah terjadi pada tahun 2014 silam dan berdampak timbulnya polemik di kalangan masyarakat,” kata dia.

Kemudian ia meminta BKN untuk melakukan evaluasi sistem database secara berkala dan melakukan inovasi untuk mencegah berulangnya kejadian serupa.

“Meminta BKN untuk terus berinovasi dalam melakukan pemutakhiran data ASN (PNS, PPPK) dan PPT non-ASN, agar data yang ada valid dan menjadi lebih akurat,” kata Bamsoet.

Ia mengatakan pentingnya komitmen BKN untuk terus mengelola dan menjaga kerahasiaan data.

“Di samping terus mengingatkan ASN (PNS, PPPK) dan PPT non-ASN untuk melakukan pemutakhiran data serta riwayat pribadinya,” katanya.

Hal itu dilakukan melalui akses daring kedalam aplikasi MySAPK berbasis gawai dan website yang ditetapkan BKN sebagai otentifikasi data ASN dan PPT non-ASN. @fen

Baca Juga :  Ratusan Rumah di Kampung Popojok dan Cabokkaler Rancaekek Terendam Banjir

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Egy Maulana Jadi Supersub Walau Indonesia Kalah dari Afghanistan

Rab Mei 26 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Gelandang serang Egy Maulana Vikri memainkan peranan supersub alias pemain pengganti yang mengubah alur permainan kendati tim nasional Indonesia kalah 2-3 dari Afghanistan dalam laga uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Egy mengawali pertandingan dari bangku cadangan dan masuk pada awal-awal […]