Kisah Belanja Online 40 Juta/Bulan, Apakah ini Gaya Hidup?

Editor :
Defina Jamaair. /visi.news/ist

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Artis Dafina Jamasir mempunyai kisah seorang temannya yang menghabiskan uang Rp 40 juta untuk belanja online selama sebulan. Kisah yang diutarakan Dafina ini membuat banyak peserta webinar terkaget-kaget. Uang sebanyak itu dihabiskan hanya untuk belanja online, ini merupakan pilihan atau gaya hidup masing-masing orang.

Yang menjadi pertanyaan sebagai teman apakah Defina memiliki kecendrungan gaya hidup seperti itu? Dafina secara tidak langsung mengatakan ia bukan tipe orang seperti ini.

Kisah tentang pengeluaran uang sebesar 40 juta terungkap saat Dafina Jamasir menjawab pertanyaan dari Tony Thamrin, moderator dalam Webinar Bakti Kominfo Pusat dan Kabupaten serta Ciber Kreasi yang diselenggarakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Flores Timur, NTT, Selasa (13/7/ 2021) lalu. Pertanyaan yang diajukan kepada artis yang dikenal dalam sinetron “Suara Hati Istri “ ini berkaitan dengan penghasilan rutin yang diperoleh lebih utama ditambung atau digunakan untuk belanja online.

Pola hidup atau kebiasaan yang pernah dijalankan Dafina tidak lepas dari keinginan akan hal-hal baru. Ia mengaku biasanya di lokasi shooting, saat break misalnya jika ada yang perlu dibeli seperti makanan atau minuman yang baru maka ia merasa perlu untuk mencoba.

Menurutnya keuntungan belanja online, Dafina mengatakan tidak perlu harus ke tempat barang diperlukan tapi cukup menggunakan handphone kemudian memesan lalu barang itu diantar. “Ini adalah kelebihan belanja online di mana konsumen hanya menunggu kemudian diterima,’’ kata artis kelahiran Padang, 7 Agustus 1991.

Mulai dengan 1-2 bulan terakhir ini pola hidup Dafina sudah mulai dikurangi karena, setelah barang belanja online justru barang itu jarang dipakai. Ia mulai mengurangi belanja. Alasannya sehubungan dengan pekerjaan yang dijalankan selama ini. Ia mengaku bahwa kegiatan shooting tidak selamanya akan berlangsung terus. Contohnya saat ini kegiatan mulai dikurang-kurangi otomatis mempengaruhi pendapatan sebagai artis.

Baca Juga :  Ariana Grande Merambah Kategori Produk "Clean Beauty" Lewat Peluncuran God is a Woman, Produk Parfum Terbaru yang Teinspirasi dari Kekuatan Alam

Apa yang dikatakan artis yang menikah tahun 2019 ini bisa menjadi bahan refleksi bersama, bahwa hidup dengan ola konsumtif berlebihan justru membawa dampak kurang baik dalam pengaturan ekonomi keluarga, antara menabung atau dengan melakukan belanja online.

Webinar yang menghadirkan sejumlah kaum milenial itu Dafina berpesan menabung mesti lebih utamakan dari pada belanja online. Setiap orangpasti mempunyai rencana memiliki, mobil, tanah, usaha-usaha eknomi yang akan dijakankan pada masa tua. Maka melalui usaha-usaha kreatif, perlu menabung kemudian membangun usaha secara mendairi di masa-masa tua.

Nasihat ini sangat penting. Faktanya orang memiliki keinginan tinggi kemudian membeli barang banyak ternyata barang dibeli itu tidak digunakan. Diakui pola hidup seperti ini pernah dilakukan Dafina sehingga barang di rumah cukup banyak dan menurutnya akan dipilih kembali untuk diberikan akan dijual kembali barang – barang itu.

Anjuran Dafina ini sangat relevan ketika semua orang berjibaku menghadapi pandemic Covid-19, di lain pihak ada sejumlah artis yang tanpa perasaan menunjukan dengan bangga segala kemewahan. Mereka lebih banyak menunjukkan sikap pamer ketimbang memberikan bantuan kepada yang lain.

Webinar ini menghadirkan, Oktavianus Bali, Koordinator Taman Baca “Nubun Puhun” di Honihama yang melakukan secara kreatif pengalaman mengelaborasi kegiatan ekonomi yang kreatif termasuk tata kelola pemasaran jagung titi, makanan khas daerah tersebut. Selain itu ada Lia Arianti (Co Founder) Maru Salmon Mental, sebuah perusahaan yang berbasis teknologi digital.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Anggota DPR RI Desak Pemerintah Pusat Salurkan Vaksin

Kam Jul 15 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pemerintah Pusat didesak agar segera mendistribusikan vaksin ke daerah-daerah. Pasalnya di daerah-daerah ingin turut menyukseskan program pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan Anggota DPR RI Komisi asal daerah pemilihan Kab Bandung Najib Qodratullah kepada wartawan di Soreang, Kamis (15/7/2021). “Ya kita akan mendorong pemerintah pusat mendistribusikan vaksin sesuai […]