Lewat Alat Elektronik, PLN ULP Baleendah dan UP3 Majalaya Dorong Pengembangan UMKM

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | CIPARAY – PLN ULP Baleendah dan UP3 Majalaya bersama Koperasi Unit Desa (KUD) Ciparay dan UMKM Kawasan menyelenggarakan program ruang kerja komunitas bagi para pelaku Usaha Mikro Koperasi Desa yang bertempat di Kantor KUD Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay, Selasa (28/11/2023).

Manager PLN ULP Baleendah, Wildan Arya Putra menyampaikan informasi kepada warga masyarakat khususnya pelaku UMKM terkait adanya alat elektronik yang bermanfaat “Electrifying Lifestyle” dalam hal ini yang bisa membantu kesehariannya untuk berdagang, termasuk mendorong serta meningkatkan tarif hidup dan memberdayakan kembali perekenomian warga masyarakat.

“Kami ikut mendorong warga masyarakat agar lebih produktif dan menguatkan potensi-potensi usahanya yang sudah ada, PLN Baleendah bekerjasama dengan salah satu perusahan yang memproduksi alat elektronik, Kompor listrik (induksi) dan Hotpot dapat digunakan sehari hari untuk pengganti gas subsidi,”kata Wildan, kepada VISI.NEWS dilokasi.

Dirinya menyatakan bahwa, alat-alat elektronik tersebut cukup menghemat biaya. Terlebih jika dibandingkan dari selama pengeluaran modal kebutuhan memasak.

“Informasi yang didapat dari salah satu pedagang, pengeluaran perbulan selama ini dengan menggunakan gas subsidi yang biasa dipakai masyarakat bisa sampai membeli 2-3 tabung. Katanya gas subsidi itu harganya Rp.25.000 per tabung, jadi kalau kali tiga tabung perbulan bisa mengeluarkan Rp.75.000, sedangkan jika menggunakan kompor listrik perbulan pengeluarannya beragam, kita estimasi kalau memasak satu jam perhari, dengan rata-rata estimasi 600 watt untuk satu bulan cukup bayar listrik hanya Rp.32.000, jadi jauh sekali perbandingannya,”ucapnya

“Kami akan hybrid program ini, saat ini baru daerah Ciparay, di KUD bisa diberdayakan, lahannya ini kan ada, tinggal pengelolaanya, kita akan bantu bangkitkan kembali, karena selama ini tidak ada kegiatan atau aktifitas yang bisa meningkatkan perekonomian disini,” tambahnya.

Baca Juga :  UMRAH: KJRI Benarkan Tiga Jemaah Umrah Indonesia Positif Covid-19

Dirinya berharap, dengan adanya edukasi dan pemahaman yang disampaikan kali ini kepada warga masyarakat khususnya para pelaku UMKM di Ciparay, agar dapat mempertimbangkan membeli alat-alat elektroknik tersebut tanpa keraguan.

“Sangat aman, jangan ragu-ragu lagi dengan penggunaan alat elektronik ini, banyak kok ditempat restoran dan UMKM di kota dan daerah lain sudah menggunakan kompor induksi,” pungkasnya. @gvr

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ekspedisi AMIN, Perjalanan Spiritual untuk Menerima Aspirasi Masyarakat

Sel Nov 28 , 2023
Silahkan bagikan  Syaugi berharap, semua aspirasi yang dititipkan masyarakat kepada pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dapat diwujudkan apabila AMIN menang di pilpres 2024. #kbanews VISI.NEWS | JAKARTA  – Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan memulai kampanye untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Jakarta dan Jawa Barat. Perjalanan kampanyenya […]