Melalui Coklit, KPU Kab. Bandung Sudah Melaksanakan 100 Persen Sosialisasi Kepada Pemilih

Editor H. Supriatna (Kiri) Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Adam juga dari KPU Kabupaten Bandung, Jawa Barat, saat memimpin rapat./visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menyatakan pelaksanaan sosialisasi pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung pada 9 Desember 2020 sudah dilaksanakan 100 persen kepada masyarakat, khususnya kepada masyarakat pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya.

“Sebenarnya, pelaksanaan sosialisasi Pilkada Bandung yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020, sudah dilaksanakan 100 persen. Itu berdasarkan pada pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilaksanakan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di masing-masing desa dan kelurahan di semua Kabupaten Bandung pada 15 Juli sampai 13 Agustus 2020 lalu,” kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten  Bandung H. Supriatna saat diwawancara wartawan di Sekre PPK di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung Jawa Barat, Minggu (11/10/2020).

Menurutnya, pelaksanaan coklit itu dengan cara para petugas PPDP datang langsung ke rumah-rumah warga atau door to door untuk melakukan data pemilih.

“Dalam pelaksanaan coklit itu,  petugas PPDP memasang atau menempel stiker di rumah warga sebagai bukti bahwa warga tersebut telah diproses coklit,” tegasnya.

Supriatna menambahkan, selama dalam proses pelaksanaan coklit itu, secara langsung masyarakat pemilih sudah diberi tahu bahwa pada 9 Desember akan dilaksanakan Pilkada Bandung.

“Jadi secara umum KPU melalui petugas PPDP sudah melaksanakan sosialisasi secara masif lebih awal kepada masyarakat, bahwa pada 9  Desember 2020 dilaksanakan pesta demokrasi,” ucapnya.

Lanjut Supriatna, meski pelaksanaan sosialisasi Pilkada sudah dilaksanakan secara menyeluruh, yang namanya manusia ada lupa, sehingga harus terus diingatkan.

“Untuk itu, tugas KPU tak henti-hentinya mensosialisasikan kembali dan terus berusaha menyampaikan hari dan tanggal Pilkada Bandung pada Rabu 9 Desember 2020, baik melalui media sosial. Bahkan kita juga akan terus melaksanakan sosialisasi melalui tatap muka,” jelasnya.

Baca Juga :  Sosialisasi di Basis Nasdem, Teh Nia Janjikan Pelayanan Kesehatan yang Lebih Baik

Kata Supriatna, untuk melaksanakan sosialisasi itu, KPU akan menyebarkan stiker, brosur, famplet dan alat peraga sosialisasi lainnya, seperti spanduk, umbul-umbul dan baliho.

“Alat peraga sosialisasi itu memuat semua pasangan calon. Sedangkan alat peraga kampanye hanya memuat masing-masing foto pasangan calon,” tuturnya.

Lebih jauh Supriatna mengatakan pemasangan alat peraga sosialisasi bisa ditempatkan di pusat pemerintahan, mulai di desa, kelurahan maupun kecamatan dan di tempat umum lainnya. “Pada alat peraga sosialisasi semua pasangan calon itu juga turut memuat visi misi dari masing-masing pasangan calon,” katanya.

Mengingat saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, ia mengatakan, KPU akan terus berjuang untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih.

Sambung Supriatna, untuk meningkatkan partisipasi pemilih itu, KPU akan kerjasama dengan sejumlah pihak. Diantaranya saat pelaksanaan rapat, pihak penyelenggara rapat untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada Bandung tersebut. Termasuk pada kesempatan kegiatan majelis taklim, untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat luas.

Selain itu, KPU juga akan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bandung untuk mensosialisasikannya pelaksanaan Pilkada tersebut.

Menurutnya, kerja sama itu akan segera dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) dalam waktu dekat ini, dengan fasilitas penyiaran radio daerah, Chanel YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, SMS blasting dan Videotron yang dimiliki oleh Diskominfo.

“Bahkan kita akan memasang sosialisasi Pilkada Bandung melalui videotron di lampu merah dan laman media sosial Diskominfo Kabupaten Bandung. Namun untuk SMS blasting sudah berjalan,” pungkasnya. @yus

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Partai Gelora akan All Out Dukung dan menangkan Pasangan NU 

Ming Okt 11 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Jawa Barat memastikan akan all out memenangkan pasangan cabup dan cawabup nomor 1, Hj. Kurnia Agustina-Usman Sayogi (NU Pasti Sabilulungan) di kontestasi Pilbup Bandung 2020. Berbagai strategi khusus untuk memenangkan NU Pasti Sabilulungan telah disiapkan dengan matang. Salah satu strategi yang akan […]