Mulai Jumat ini ASN di Garut Sudah Harus Masuk Kantor

Editor Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, di sela sela kesibukannya saat ngobrol santai memberikan keterangan kepada wartawan terkait batas waktu kerja di rumah bagi ASN./visi.news/zaahwan aries
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemberlakuan new normal secara bertahap mulai dilaksanakan di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hal ini ditandai dengan dimulainya aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Garut untuk kembali masuk kantor mulai Jumat (5/6).

“Mulai besok (hari ini), ASN yang ada di Garut sudah harus mulai lagi masuk kantor. Ini sebagai tanda pemberlakuan new normal yang akan kita laksanakan secara bertahap,” ujar Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/6).

Namun demikian, diungkapkan Helmi, pada tahap awal ini belum seluruh ASN diharuskan masuk kantor. Sebagian dari mereka masih ada yang tetap harus bekerja di rumah dengan tujuan untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Pihaknya, tutur Helmi, masih tetap akan menerapkan protokol kesehatan saat bekerja guna mencegah penyebaran Covid-19. Selain harus menggunakan masker dan juga cuci tangan, sebagain ASN juga masih ada yang work from home (bekerja dari rumah).

“Kita gunakan dua metode sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, yakni ada ASN yang WFO (work from office) dan ada juga ASN yang WFH (work from home),” katanya.

Terkait penerapan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kabupaten Garut, Helmi menyampaikan rencananya akan dilaksanakan mulai 5 Juni.

Namun, penerapannya tidak akan dilaksanakan secara sekaligus, tetapi secara bertahap. Salah satunya dengan pemberlakuan ASN untuk kembali bekerja di kantor.

Helmi menambahkan, berdasarkan intruksi Gubernur Jabar, ada 15 daerah yang diperbolehkan menerapkan new normal di Jabar, salah satunya adalah Kabupaten Garut.

Namun di sisi lain, hingga saat ini aturan dari pemerintah pusat itu sendiri belum ada titik terang, dalam artian belum jelas.

Baca Juga :  Mau Berobat ke Luar Negeri karena Sakit Kanker Prostat, SBY Telepon Jokowi

Diharapkan Helmi, setelah ASN mulai melaksanakan bekerja di kantor. Kegiatan yang lainnya pun secara bertahap akan berjalan sebagaimna biasanya.

Dikatakannya, untuk Kabupten Garut sendiri, persiapan penerapan new normal sudah dilakukan sejak beberapa pekan lalu. Meski persiapannya belum penuh, masyarakat sudah bisa memulainya.

Diungkapkannya, untuk saat ini persiapan new normal di Kabupaten Garut sudah mencapai 70 persen. Setelah para ASN masuk, kemudian akan diikuti oleh institusi lainnya yang juga akan segera kembali menerapkan kebiasaan sebagaimana mestinya.

Lebih jauh diterangkannya, ketika ingin menerapkan new normal, setidaknya ada tiga syarat yang harus disiapkan, mulai membuat standar protokol kesehatan, menyiapkan satuan tugas, dan berkomitmen dalam penegakan disiplin. @zhr

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

New Normal (5)

Kam Jun 4 , 2020
Silahkan bagikanRekacipta Fendy Sy Citrawarga   “MANI kacida si Darsép, sajadah digadékeun abong keur jaman werit usum korona.” “Lah na teuing Ujin, si Darsép dipercaya. Moal gé aya nu daékeun ngagadé sajadah, manasina ngagadékeun emas.” “Ngagadékeun emas gé sesah ayeuna mah Bi.” “Piraku Asép?” “Enya Bi. Kaalaman ku Bi Iroh.” […]