Musim Hujan Asyiknya Makan Kue Balok, Begini Cara Membuatnya

Editor Kue balok. /visi.news/dok
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Musim hujan telah tiba. Udara dingin dan basah membuat kita ingin menikmati sesuatu yang hangat dan manis. Salah satu camilan yang cocok untuk musim hujan adalah kue balok.

Kue balok adalah jajanan khas Bandung yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda⁴⁵. Kue ini berbentuk kotak seperti balok dengan tekstur yang padat dan lembut. Kue balok biasanya memiliki rasa cokelat, keju, atau kacang.

Kue balok sangat mudah dibuat di rumah. Bahan-bahannya juga sederhana dan murah. Berikut adalah cara membuat kue balok yang bisa Anda coba sendiri.

Bahan:

– 150 gram tepung terigu
– 2 butir telur
– 3 sendok makan gula pasir
– 5 sendok makan margarin
– 50 ml air
– 1/2 sendok teh baking powder
– 1/2 sendok teh vanili bubuk
– Garam secukupnya
– Cokelat bubuk, keju parut, atau kacang tanah secukupnya

Cara membuat:

  1. Lelehkan margarin di atas api kecil. Sisihkan sebagian untuk mengolesi cetakan kue balok.
  2. Dalam sebuah mangkuk, kocok telur dan gula pasir hingga berwarna putih. Tambahkan air, baking powder, vanili, dan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diayak dan diaduk hingga tercampur merata. Tambahkan cokelat bubuk, keju parut, atau kacang tanah sesuai selera. Aduk lagi hingga rata.
  4. Olesi cetakan kue balok dengan margarin yang disisihkan. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh. Tutup cetakan dengan rapat.
  5. Panggang kue balok di atas api arang kayu selama 15 menit. Balik cetakan dan panggang lagi selama 15 menit. Jika tidak memiliki cetakan khusus, Anda bisa menggunakan loyang yang dioven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30 menit.
  6. Angkat kue balok dari cetakan dan potong-potong sesuai selera. Sajikan kue balok selagi hangat atau dingin.
Baca Juga :  Viral Aliran Sesat, MUI Adakan Konferensi Pers

Selamat mencoba dan menikmati kue balok di musim hujan ini. Kue balok bisa menjadi camilan yang menghangatkan dan mengenyangkan. Selain itu, kue balok juga bisa menjadi oleh-oleh khas Bandung yang disukai banyak orang.

@uli

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketum Serambi : Jangan Ragu, Kita Yakin dan Pasti, Pasangan AMIN Menang Satu Putaran !

Sel Jan 16 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIPARAY –  Serikat Relawan Anies Muhaimin Buat Indonesia (Serambi) menggelar apel siaga dan kebulatan tekad pemenangan Capres-Cawapres 2024 untuk pasangan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Kegiatan tersebut, dilaksanakan di GOR Azka Cilandak, Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Jawa Barat. Selasa (16/1/2024). Hadir langsung pada kegiatan tersebut, Ketua Umum Dewan […]