Pemkab Bandung Penuhi Kebutuhan APD Petugas Damkar

Editor Kadisdamkar Kab. Bandung Hilman Kadar./visi.news/gustav viktor rizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KAB.BANDUNG – Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bandung kembali menganggarkan pengadaan alat perlindungan diri (APD) atau pakaian dinas personel Damkar dari APBD Tahun 2023.

Bukan hanya APD, melainkan juga perlengkapan peralatan lainnya seperti mesin penyedot air portabel, termasuk armada Damkar.

Kepala Disdamkar Kabupaten Bandung Hilman Kadar mengungkapkan, pihaknya berupaya agar pengadaan APD personel Damkar disiapkan setiap tahunnya.

“Termasuk untuk tahun 2023 ini, kami anggarkan lagi untuk pengadaan APD karena pada pengadaan APD tahun 2022 baru terealisasi setengahya dari 90 orang personel yang ada,” kata Kadis Damkar dalam keterangannya, Sabtu (28/1/2023).

Hilman memaparkan, pengadaan APD Tahun Anggaran 2022 sudah direalisasikan dan sudah didistribusikan ke semua anggota yang standby di 9 Pos Damkar.

Adapun APD tersebut antara lain terdiri dari pakaian APD Damkar sebanyak 40 picies, sepatu pemadaman 40 pcs, helm pemadaman 40 pcs, dan selang pemadaman ukuran 1/2 sebanyak 20 rol serta ukuran 2 1/2 sebanyak 20 rol.

“Semuanya saat ini sudah dipergunakan oleh seluruh anggota di lapangan,” kata Hilman.

Menurutnya, pengadaan APD kembali baru diadakan sejak tahun 2022.

“Terakhir pengadaan APD Damkar itu tahun anggaran 2020 dan baru dianggarkan lagi tahun 2022, termasuk di 2023. Pengadaannya bertahap disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan kita juga sedag berupaya untuk mendapatkan hibah dari Pemprov DKI Jakarta, bahkan hibah armada Damkar beserta APD-nya dari Jepang,” ujar Hilman.

Menurut Hilman, direalisasikannya pakaian APD petugas Damkar secara bertahap karena memang APD bisa tahan lama atau awet dan tidak cepat rusak.

“Kalau kekurangan sesuai jumlah personel sih iya. Kita punya 90 petugas Damkar, baru setengahnya diadakan APD dan nanti akan kita tambah. Karena memang APD itu bertahan lama dan tidak cepat rusak, masih layak dipakai,” jelasnya.

Baca Juga :  Milla: Setiap Pertandingan Harus Fokus Layaknya Final

Sebelumnya diberitakan bahwa ketersediaan pakaian APD para petugas pemadam kebakaran di Disdamkar Kabupaten Bandung jumlahnya masih belum ideal.

Dari jumlah petugas lapangan sebanyak 90 orang, baru ada 40 setel pakaian APD. Sisanya, mereka masih menggunakan pakaian APD.

Salah seorang petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung mengungkapkan, seingatnya pengadaan 40 setel pakaian untuk petugas lapangan itu terakhir pada 2020 lalu.

Setelah itu, hingga saat ini belum ada lagi pengadaan pakaian APD yang terdiri dari baju, celana antibara, helm, sepatu, dan lainnya.

Lebih lanjut Hilman mengatakan, kebutuhan lainnya yang diperlukan oleh para petugas di lapangan saat ini adalah penambahan selang dan mesin penyedot air portabel. Meskipun selang yang ada saat ini cukup, namun sewaktu-waktu dibutuhkan selang yang lebih panjang dan juga mesin portabel penyedot air.

“Selang yang ada untuk 1.000 meter sih masih cukup. Repotnya kalau objek kebakarannya di dalam gang yang jaraknya lebih dari 1.000 meter. Mesin penyedot air portable juga perlunya itu untuk ambil air di sumber yang tidak bisa dijangkau oleh armada penyedot air,” pungkasnya. @gvr

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

REFLEKSI | Menuju Satu Abad NU

Ming Jan 29 , 2023
Silahkan bagikanOleh Bambang Melga Suprayogi, M.Sn. NAHDLATUL ULAMA atau NU merupakan organisasi massa Islam, yang memiliki kekuatan besar dalam mengawal negeri ini, hingga setiap aral yang melintang, cobaan yang menghadang perjalanan negeri, yang bernama NKRI ini, bila ganjalannya datang dari umat Islam yang merongrong negerinya, mereka akan berhadapan langsung dengan […]