Perjalanan Tim Merah Putih Menuju Final Piala Thomas 2022

Editor Tim bulutangkis Indonesia siap menghadapi tim India di final Piala Thomas 2022,yang digelar, Minggu (15/5/2022)./ visi.news/dok.pbsi.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS/BANGKOK– Perjalanan tim bulutangkis Indonesia yang sukses menembus partai final Piala Thomas 2022 di Bangkok, Thailand, diperoleh melalui perjuangan keras.

Rintangan demi rintangan berhasil dilaluinya, dengan melahirkan kemenangan manis.

Keberhasilan Tim Merah Putih yang membawanya ke partai puncak, patut dicungi dua jempol.

Hal ini tidaklah berlebihan, karena para pahlawan bulutangkis Indonesia harus berjibaku menghadapi lawan-lawan tangguh sejak babak penyisihan Grup A, hingga babak semifinal.

Pada babak penyisihan Grup A, Indonesia memulai perjuangannya dengan menghabisi Singapura, Thailand, dan Korea Selatan.

Saat jumpa Korsel dalam perebutan juara Grup A, tim Merah putih sempat tertinggal 0-2 setelah Anthony Sinisuka Ginting ditekuk Heo Kwang-hee (16-21, 21-15, 14-21).

Pun dengan pasangan dadakan Muhammad Ahsan/Kevin Sanjaya juga takluk di tangan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (18-21, 21-13, 12-21).

Indonesia membuka lembaran harapan dengan kemenangan Shesar Hiren Rhustavito, pada partai ketiga dengan menjungkalkan Jeon Hyeok-jin melalui pertarungan rubber game (19-21, 21-8, dan 21-10). Skor 1-2 untuk Korsel.

Tim putra Indonesia sukses menyamakan skor menjadi 2-2 disumbangkan ganda kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto usai melibas Yong Jin/Na Sung-seung lewat pertarungan dua gim langsung (23-21, 21-16).

Duel penentuan pun terjadi antara tunggal ketiga Indonesia, Syabda Perkasa Belawa melawan wakil Korea Selatan, Lee Yun-gyu. Debut Syabda di Piala Thomas pun berakhir manis.

Pemain yang saat ini menempati ranking 636 dunia itu, sukses mengukir prestasi gemilang dengan menghabisi Lee Yun-gyu tiga gim (21-14, 11-21, 21-16), sekaligus memastikan kemenangan tim Merah Putih atas Korsel 3-2. Indonesia tampil sebagai juara Grup A.

Bantai China 3-0

Tim Indonesia melanjutkan perjuangannya di babak perempatfinal. Lawan yang dihadapinya pun bukan lawan kalengan, yakni tim raksasa dari Negeri Tirai Bambu, China.

Baca Juga :  SEHAT: Gemar Konsumsi Minuman Manis? Awas Bahaya Ancaman Kanker Usus Besar

Sebelum bertarung melawan China, banyak pengamat yang meragukan kemampuan Anthony Ginting dkk. Hal ini dimaklumi karena memang China diperkuat pemain-pemain kaliber dunia.

Namun pemain Indonesia dibekali motivasi tinggi, saat menjungkalkan tim Tirai Bambu dengan skor 3-0 di final Piala Thomas 2020 silam di Aarhus, Denmark.

Modal inilah yang menjadi pemicu bahwa Indonesia tidak gentar bersaing dengan tim manapun, termasuk China.

Fakta sesungguhnya terjadi di arena pertandingan, manakala pahlawan-pahlawan tim Merah Putih mampu membuktikan sebagai tim raksasa, yang membuat musuh-musuhnya geleng-geleng kepala.

Indonesia sukses mengulangi kejayaannya dua tahun silam di Denmark, dengan menghabisi regu China dengan skor yang sama, 3-0. Indonesia pun melaju ke putaran semfinal.

Kemenangan tim Merah Putih atas China, masing-masing dipersembahkan oleh Anthony Sinisuka Ginting dengan menaklukkan Zhao Junpeng melalui tiga gim (21-12, 25-27, 21-17).

Berikutnya, Muhammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses menghabisi Liu Yuchen/Ou Xuanyi (21-17, 21-16).

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh Jonatan Christie di partai ketiga, dengan perdayai Li Shi-feng (21-13, 21-18). Indonesia pun terbang ke semifinal.

Habisi Jepang 3-2

Duel melawan tim “Samurai” Jepang, merupakan pertarungan paling seru dan mendebarkan sepanjang pertandingan berlangsung.

Indonesia dan Jepang sama-sama ngotot berebut tiket menuju babak paling bergengsi, yakni final Piala Thomas 2022 yang sangat didambakan oleh kedua tim.

Menghadapi tim “Matahari Terbit” tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Pebulutangkis Indonesia yang tampil di laga tersebut, dipaksa harus berjibaku dan mengerahkan seluruh kemampuannya, termasuk dorongan doa dari seluruh masyarakat Indonesia.

Anthony Sinisuka Ginting yang dijadikan anak panah pertama, sanggup melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Ia sukses menaklukkan Kento Momota melalui pertarungan sengit tiga gim (21-13, 14-21, 21-12). Indonesia memimpin 1-0.

Baca Juga :  Pelaksanaan Haji 2021, Indonesia Masih Menunggu Lampu Hijau dari Saudi

Perjuangan berikutnya dibebankan kepada Muhammad Ahsan/Kevin Sukomuljo, yang berhadapan dengan Yugo Kobayashi/Takuro Hoki.

Pertarungan di nomor ganda putra ini pun tidak kalah serunya. Keduanya harus jatuh bangun untuk merebut kemenangan.

Ahsan/Kevin merupakan pasangan dadakan. Meski begitu keduanya tampil padu sekaligus menjawab keraguan sebagian pengamat, dengan persembahkan kemenangan.

Ahsan/Kevin sukses melumat Yugo Kobayashi/Takuro Hoki, meski harus bertarung rubber set (22-20, 8-21, 24-22). Indoesia unggul 2-0.

Di partai ketiga, kubu tim Merah Putih mulai dilanda cemas hingga dibuat sport jantung. Jonatan Christie yang biasa tampil apik, di malam itu ia tidak pada top performa.

Diluar perkiraan Jojo kandas di tangan pebulutangkis tunggal putra Jepang, Kenta Nishimoto (20-22, 13-21). Skor 2-1.

Lebih ngeri lagi manakala ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun di partai keempat, juga tumbang dari pasangan Akira Koga/Yuta Watanabe, melalui pertarungan sengit tiga gim (14-21, 21-13, 18-21). Dengan demikian Jepang sukses menyamakan skor 2-2.

Berikutnya pada partai kelima merupakan penentuan, nasib tim Merah Putih berada di pundak Shesar Hiren Rhustavito. Ia harus berhadapan dengan Kodai Naraoka.

Vito sukses menyelamatkan tim Indonesia dari ancaman marabahaya, sekaligus mengapungkan tim Merah Putih ke final Piala Thomas 2022, usai menaklukkan Kodai Naraoka (21-17, 21-11). Skor 3-2 untuk kemenangan Indonesia.

Perjuangan tim Indonesia tinggal selangkah lagi, untuk mempertahankan gelar juara yang diraihnya di tahun 2020 lalu.

Skuad Garuda sudah ditunggu India yang di luar dugaan mampu menghentikan Denmark dengan skor 3-2. Partai final akan digelar, Minggu (15/5/2022) siang. Indonesia pasti bisa!@zall

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Pola Hidup Sehat Kunci Mencapai Zero Stunting Di Tahun 2023

Sab Mei 14 , 2022
Silahkan bagikanVISINEWS |BANDUNG – Pencegahan terjadinya stunting baru harus menjadi fokus Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat (Jabar) dengan mengedukasi dan mendampingi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Demikian dikatakan Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Kusnadi, menurutnya langkah pencegahan stunting baru melalui pendampingan tersebut perlu dilakukan […]