Program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 Lahirkan Programes Andal

Editor Gubernur Jabar Ridwan Kamil. ©2021 Pemprov Jabar
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggagas program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 untuk melahirkan programmer andal. Antusiasme pemuda Jabar untuk menjadi programmer tergolong tinggi.

Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 yang mencapai 9.161 orang per Kamis (5/8/2021).

Kepala Dinas dan Informatika (Diskominfo) Jabar Setiaji menuturkan, ada sejumlah hal yang melatarbelakangi program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021. Pertama, tingkat pengangguran terbuka (TPT). Menurutnya, lulusan SMK menjadi penyumbang TPT tertinggi di Jabar.

“Kedua, bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menyerap banyak tenaga kerja. Tapi, situasi tersebut tidak disertai dengan jumlah programmer yang andal di Indonesia. Latar belakang selanjutnya adalah kemampuan coding memiliki daya tawar tinggi di dunia kerja,” kata Setiaji di Kota Bandung, Jumat (6/8/2021).

Adapun persyaratan untuk mengikuti Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 yakni Warga Negara Indonesia, diutaman berdomisili di Jabar, lulusan SMA/SMK, Diploma/S1, atau mahasiswa tingkat akhir, berusia 17-25 tahun bagi lulusan SMA/SMK, berusia 17-30 tahun bagi mahasiswa/lulusan S1.
Selain itu, pendaftar harus bersedia melakukan seluruh rangkaian kegiatan secara full time selama enam bulan, tidak sedang terikat dengan kewajiban bekerja full time di institusi lain, dan tidak dalam masa sekolah atau kuliah kecuali bagi peserta mahasiswa tingkat akhir.

“Pendaftar juga mesti memiliki ketertarikan di bidang teknologi khususnya programming, punya kemampuan logika dasar, dan memiliki determinasi tinggi untuk maju. Program Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 diutamakan bagi yatim/piatu atau berasal dari keluarga prasejahtera,” kata Setiaji.

Menurut Setiaji, Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 batch pertama akan merekrut 1.020 peserta. Rinciannya, 20 peserta terbaik akan mendapatkan program super intensive camp secara offline. Sedangkan, 1.000 peserta lainnya mengikuti pelatihan secara online.

Baca Juga :  Seluruh Klub Inggris Mundur dari Liga Super Eropa

“Para peserta akan mendapat pelatihan coding atau programming gratis, komprehensif, dan intensif. Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 menjadi sarana untuk melahirkan talenta berkualitas dan siap kerja. Candradimuka Jabar Coding Camp 2021 juga merupakan perwujudan dari visi Jabar sebagai Provinsi Digital,” katanya.

“Setelah mengikuti camp, peserta bakal mendapatkan sertifikasi keahlian dan akses lapangan kerja, baik di Pemda Provinsi Jabar, start up lokal, maupun unicorn,” imbuhnya. @mpa/mdk

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Enam Orang Ini yang Selalu Dikejar Rezeki dalam Hidupnya

Ming Agu 8 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Terkadang kita pernah melihat orang yang kerja keras agar bisa mendapatkan rezeki yang berlimpah. Tapi pada kenyataannya, masih banyak yang belum mampu untuk mendapatkan apa selayaknya yang diinginkan. Sementara itu di sisi lain ada sebagian orang yang selalu dikejar rezekinya dari mana pun. Tentunya, sebagian orang tersebut […]