TAFAKUR: Mengenal Sirius, Satu-satunya Bintang yang Disebut dalam Al Quran

Editor Ilustrasi bintang neutron paling misterius dan langka yang memancarkan gelombang radio aneh./via kompas.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sirius adalah satu-satunya bintang yang disebut namanya secara langsung dan spesifik di dalam Al-Quran.

Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengatakan, di dalam Al-Quran, bintang Sirius disebutkan secara spesifik dengan nama Syi’raa.

Penyebutan bintang Syi’raa ini terdapat dalam surah An-Najm ayat 49. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: Wa annahuu huwa robbusy-syi’roo

“Dan sesungguhnya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi`raa” (QS An-Najm 53: Ayat 49).

Dijelaskan Marufin, konteksnya terkait dengan perbuatan orang-orang Shabin di Mesopotamia yang menjadikan bintang ini sebagai sesembahan.

“Sehingga ayat tersebut menyajikan penegasan bahwa bintang hanyalah makhluk yang dimiliki Allah SWT, bukan sesembahan,” kata dia seperti dilansir Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Bintang Sirius secara astronomi

Dalam keilmuan astronominya, Bintang Sirius telah diketahui dan diamati sejak masa prasejarah.

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Sirius merupakan bintang paling terang di seluruh langit malam.

Nama Sirius berasal dari bahasa Yunani, Seirios yang bermakna “berkilauan”. Bintang ini terletak di konstelasi Canis Mayor (Anjing Besar).

Sirius juga merupakan salah satu bintang yang dianggap penting bagi peradaban Mesir Kuno dan Jazirah Arab pada umumnya karena menandai banjir tahunan di sungai Nil.

Bahkan diabadikan dalam Al-Quran surat An-Najm (Bintang), sebagai asy-syira (Syi-raa) yang kemudian diserap ke dalam Bahasa Latin, Aschere sebagai nama alternatif dari Sirius. @fen

Baca Juga :  PSBB Jabar akan Berlanjut, Pemprov Rekomendasikan Salat Idulfitri di Rumah

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rotary Club dan BI Solo Sumbang Pot Tanaman untuk "Hijau Soloku, Asri Kotaku”

Sab Mei 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Organisasi pengabdian masyarakat internasional, Rotary Club Solo Area, berkolaborsi dengan perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, melakukan gerakan penghijauan kawasan kota dengan memasang tanaman dalam pot. Mengawali gerakan yang bertajuk “Hijau Soloku, Asri Kotaku”, Rotary Club bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, Jumat (30/4/2021), menyerahkan sebanyak […]