Warga Diimbau Banyak Minum, Gelombang Panas Terjang Spanyol di Bulan Mei

Editor Gelombang panas menimpa beberapa kawasan di Spanyol pada bulan Mei./via bbc.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SPANYOL – Warga masyarakat di Spanyol disarankan untuk menghindari suhu panas yang terjadi akhir-akhir ini.

Belakangan ini beberapa bagian Spanyol mengalami Mei terpanas yang pernah ada dengan suhu lebih dari 40C di beberapa tempat, menurut cuaca negara agen, AEMET, seperti dilansir bbc.com.

Badan tersebut mengeluarkan peringatan panas di 10 wilayah untuk hari Sabtu (21/52022). Badan itu mengatakan itu bisa menjadi “salah satu gelombang panas paling intens” dalam beberapa tahun.

Kota Jaén di Spanyol selatan mencatat suhu tertinggi di bulan Mei sebesar 40C pada hari Jumat (20/5/2022).

Perubahan iklim membuat gelombang panas lebih sering dan lebih intens. Cuaca musim semi yang hangat di Spanyol adalah akibat dari udara panas yang datang dari Afrika Utara, menyebabkan suhu naik hingga 15C di atas rata-rata untuk sepanjang tahun ini.

Penduduk telah diimbau untuk minum banyak air. Daerah yang paling parah terkena adalah Andalusia di selatan, Extremadura di barat daya, Madrid dan Castilla La Mancha di tengah dan Aragon di timur laut.

Kementerian Kesehatan Spanyol mendesak warga untuk minum banyak air dan tinggal di tempat yang sejuk jika memungkinkan. Ia juga menyarankan masyarakat untuk mengurangi aktivitas fisik.

“Tahun ini tampaknya langsung menuju musim panas, tetapi kami harus terus berjalan,” kata penyapu jalan Madrid, Rocio Vazquez, 58, kepada kantor berita Reuters.

Panas telah mempengaruhi beberapa tujuan wisata populer Spanyol. Wisatawan juga merasakan panas.

“Saya mengharapkan cuaca yang sedikit lebih sejuk dan lebih segar,” Eric Solis, 32, mengatakan kepada Agence France-Presse selama perjalanan ke Madrid dari AS.

“Ini tidak terlalu nyaman bagi wisatawan,” tambahnya.

Baca Juga :  Presidensi G20, Indonesia Pegang Peran Penting Perdamaian Rusia-Ukraina

Suhu semalam juga sangat tinggi, tetap di atas 25C di beberapa daerah pada Jumat malam. Di Jaén, suhu minimum 25,9C adalah yang tertinggi yang pernah tercatat di daratan Spanyol.

Para ilmuwan mengatakan bahwa gelombang panas cenderung menjadi lebih sering dan lebih intens di seluruh dunia, seiring dengan kenaikan suhu global. Dampaknya juga cenderung lebih luas. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Haji Kusnadi : Sebagai Warga Jabar, Kami Akan Terus Do'akan Keselamatan Emmirel

Sen Mei 23 , 2022
Silahkan bagikanVISINEWS | BANDUNG – Kabar hilangnya anak pertama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz di sungai Aare, Bern, Swiss, baru-baru ini jadi perhatian Anggota DPRD Jabar, Haji Kusnadi. Dari informasi yang diterima, hingga saat ini belum ada kabar pasti dari pihak berwenang Swiss, terkait informasi hilangnya […]