Bupati Bandung Launching Normalisasi Sungai Citarik, tapi Bukan Seremonial.

Editor Bupati Bandung HM.Dadang Supriatna melaunching pengerukan Sungai Citarik, yang berlokasi di Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka, Sabtu (1/4 2021)./visi.news/budimantara.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Bupati Bandung HM Dadang Supriatna me-launching pengerukan atau normalisasi Sungai Citarik dan anak-anak sungainya di Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Sabtu(1/5/2021).

Aksi Dadang Supriatna ini merupakan salah satu gebrakan di masa awalnya menjabat Bupati Bandung. Terlebih lagi sungai itu sudah 25 tahun tidak mendapatkan pemeliharaan sehingga mengalami sedimentasi atau pendangkalan.

Launching pengerukan Sungai Citarik yang merupakan anak Sungai Citarum ini juga merupakan peluncuran Program 99 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan (Pasangan Bedas), dalam upaya menekan banjir akibat luapan air sungai yang mengalami sedimentasi.

Bupati Bandung menjelaskan pengerukan Sungai Citarik ini dilakukan oleh stakeholder terkait antara lain Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, yang mencakup wilayah Kecamatan Cicalengka, Cikancung, Rancaekek, dan Kecamatan Dayeuhkolot

“Panjangnya kurang lebih 10 kilometer, yang 2 kilometer diantarnya dikerjakan BBWS Citarum dan delapan kilo lagi oleh DPUTR Kabupaten Bandung yang dibiayai APBD, dan masyarakat secara swadaya,” kata bupati usai launching pengerukan.

Dadang Supriatna menambahkan, selain dibantu swadaya masyarakat, pihaknya juga akan mengajak masyarakat agar perusahaan yang ada di Kabupaten Bandung untuk bisa membantu. Karena kondisi APBD kita sudah berjalan dan terbatas alokasinya, sehingga saya minta kerjasamanya dari para pengusaha yang ada di sekitar Sungai Citarik untuk bisa bersama-sama membantu pengerukan ini.

Kang DS, sapaan Dadang Supriatna menyatakan kegiatan ini bukan sekadar launching pengrukan, namun dirinya akan terus mengecek progres pengerjaannya di lapangan.

“Saya akan pantau minimal seminggu sekali turun langsung ke lapangan untuk melihat perkembangan dan untuk kita evaluasi,” tandasnya.

Baca Juga :  BOLA WANITA | Piala Pertiwi 2021/2022 Siap Digelar di Bandung

Kang DS optimis upaya ini akan sukses mengendalikan banjir. “Kalau pun tidak menyelesaikan banjir, minimalnya kita bisa menekan atau meminimalisir dampak banjir akibat luapan air sungai ke jalan dan permukiman warga,” tukas Kang DS.

Pengendalian banjir di Kabupaten Bandung merupakan janji kampanye Pasangan Bedas di Pilkada Kabupaten Bandung 2020. “Saya akan buktikan untuk memenuhi janji politik saya. Insya Allah bukan sekedar ceremony,” tandas Kang DS. @bud

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pelayanan Pendidikan yang Baik Merupakan Hak Rakyat Indonesia

Sen Mei 3 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS — Mendapatkan pelayanan pendidikan yang layak merupakan hak rakyat Indonesia demikian juga dalam memperoleh kehidupan yang layak. Dengan pelayanan pendidikan yang bagus dan baik, akan tercipta generasi muda berilmu yang berpotensi membangun masa depan bangsa dan negara. Karena membahas tentang pendidikan, dikatakan anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi […]