Mengenal Ronggeng di Berbagai Daerah di Jawa Barat

Editor Ronggeng. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pasar Ronggeng di berbagai daerah di Jawa Barat terus menarik perhatian para pengunjung dengan beragam kesenian tradisional, kuliner, dan budaya yang khas. Pasar-pasar ini menjadi destinasi wisata populer bagi warga setempat maupun para wisatawan yang ingin merasakan kekayaan budaya dan tradisi Jawa Barat.

Pasar Ronggeng adalah ajang tahunan yang diadakan di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat. Acara ini tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan seni dan budaya lokal, tetapi juga untuk mendorong ekonomi lokal dengan memberikan peluang kepada pedagang dan pengrajin tradisional untuk memamerkan dan menjual produk-produk mereka.

Beberapa pasar ronggeng terkenal di Jawa Barat termasuk:

1. Pasar Ronggeng Garut: Pasar ini terkenal dengan seni pertunjukan ronggeng yang memukau dan aneka kuliner tradisional Garut, seperti sate bandeng dan dodol Garut.

2. Pasar Ronggeng Ciamis: Pasar ini menampilkan berbagai kesenian seperti tari topeng dan seni ukir khas Ciamis, serta kerajinan tangan yang unik.

3. Pasar Ronggeng Subang: Subang dikenal dengan kerajinan anyaman bambu, dan pasar ini adalah tempat yang tepat untuk membeli produk anyaman tersebut.

4. Pasar Ronggeng Tasikmalaya: Pasar ini menampilkan beragam kesenian seperti wayang golek dan tari jaipongan, serta kain batik khas Tasikmalaya.

5. Pasar Ronggeng Sukabumi: Sukabumi memiliki kekayaan seni musik tradisional, dan pasar ini adalah tempat yang bagus untuk menikmati pertunjukan gamelan dan angklung.

Selain seni dan kerajinan tradisional, pasar ronggeng juga menjadi kesempatan bagi para petani dan pedagang lokal untuk menjual hasil pertanian dan produk-produk lokal lainnya. Hal ini mendukung perekonomian daerah dan memberikan dampak positif pada masyarakat setempat.

Baca Juga :  HIKMAH: Tanda Amal Ibadah Diterima Allah SWT

Pengunjung juga dapat menikmati hiburan langsung dari komunitas seni lokal, seperti tarian, musik, dan pentas wayang. Pasar ronggeng di Jawa Barat tidak hanya merupakan ajang belanja, tetapi juga pengalaman budaya yang memikat dan mendalam.

Dengan berbagai atraksi budaya, kuliner lezat, dan kerajinan tangan unik, pasar ronggeng di berbagai daerah di Jawa Barat tetap menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dan warga lokal yang ingin merayakan kekayaan budaya Jawa Barat.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Alumni Sukses Bekali 70 Mahasiswa President University Berkarir di Industri Komunikasi Digital

Ming Nov 5 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIKARANG – Sekitar tujuh puluh Mahasiswa President University menghadiri acara Public Relations Interactive Seminar (PINTAR) yang mengangkat tema Mastering Creative Communication Strategy & Visual Contents yang digelar di yang digelar di Ruang Teater Lt. 2 President University Convention Center, Cikarang, Jumat (3/11/2023). Acara ini berhasil mengundang dua […]