Tips Diet di Siang Hari: Pilih Makanan Sehat dan Atur Jadwal Makan

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Siang hari adalah waktu yang penting bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Pada saat ini, Anda membutuhkan asupan makanan yang cukup untuk memberi energi dan mengendalikan nafsu makan. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih makanan dan menentukan jadwal makan agar diet Anda tidak sia-sia.

Menurut para ahli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur makan siang untuk diet, yaitu:

1. Pilih makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang baik untuk diet adalah yang mengandung protein tanpa atau rendah lemak, karbohidrat kompleks, serat, dan lemak baik. Beberapa contoh makanan yang bisa Anda pilih adalah dada ayam, ikan, daging merah tanpa lemak, nasi merah, roti gandum, kacang-kacangan, sayuran, buah, dan alpukat.

2. Hindari makanan yang tinggi kalori, gula, garam, dan lemak jenuh. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan, kolesterol, dan gula darah. Beberapa contoh makanan yang harus dihindari adalah makanan siap saji, minuman bersoda, minuman beralkohol, kue, roti manis, pasta, dan puding.

3. Atur jadwal makan siang yang tepat. Menurut penelitian, makan siang yang terlalu cepat atau terlambat dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan penumpukan lemak. Sebaiknya, makan siang dilakukan antara pukul 12.00 hingga 13.00 WIB. Jangan melewatkan makan siang atau menundanya hingga sore hari.

4. Jangan makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan asupan kalori berlebihan, sedangkan makan terlalu sedikit dapat menyebabkan rasa lapar berlebihan dan kekurangan nutrisi. Sebaiknya, makan siang dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Anda bisa menggunakan piring berukuran sedang dan mengisi setengahnya dengan sayuran, seperempatnya dengan protein, dan seperempatnya lagi dengan karbohidrat.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca BMKG: Bandung Hari Ini Cerah Berawan

5. Tambahkan camilan sehat di antara makan siang dan makan malam. Camilan sehat dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan mencegah Anda makan berlebihan saat makan malam. Pilihlah camilan yang tinggi serat dan mengenyangkan, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak, atau susu kedelai. Camilan sehat sebaiknya dikonsumsi 2-4 jam setelah makan siang.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa menjalani diet di siang hari dengan lebih mudah dan efektif. Selain itu, Anda juga harus tetap menjaga pola makan sehat di pagi dan malam hari, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur. Dengan begitu, Anda bisa mencapai berat badan ideal dan tubuh yang sehat. @mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gempa Bumi Tektonik Guncang Garut, Tidak Berpotensi Tsunami

Sel Des 5 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | GARUT – Wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik dengan kekuatan 3,5 magnitudo pada Selasa sore, (05/12/2023). Gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, namun dirasakan hingga beberapa wilayah di sekitarnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika […]