Sukses Eksplorasi, Sumber Daya Emas PT Nusa Halmahera Minerals Bertambah 2,3 Juta Oz Senilai US$ 4,1 Milyar

Silahkan bagikan
  • PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) terus menunjukkan komitmennya dalam industri pertambangan emas dengan prestasi mengesankan dalam kegiatan eksplorasi.

VISI.NEWS | JAKARTA – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) terus menunjukkan komitmennya dalam industri pertambangan emas dengan prestasi mengesankan dalam kegiatan eksplorasi. Dalam tiga tahun terakhir, NHM berhasil meningkatkan jumlah cadangan emas mencapai 1,4 juta Oz emas dengan, jumlah sumber daya emas mencapai 2,3 juta Oz, dengan estimasi nilai mencapai lebih dari US$ 4,1 miliar.

Rikis yang diterima VISI.NEWS, Selasa (14/11/2023) menyebutkan, keberhasilan ini tak lepas dari alokasi modal kerja dan biaya eksplorasi selama 3 tahun terakhir dari pemegang saham pengendali NHM, yakni PT Indotan Halmahera Bangkit (IHB), yang mengakusisi kepemilikan saham NHM di awal tahun 2020. Pencapaian luar biasa ini diperkirakan akan memperpanjang umur tambang NHM selama lebih dari 10 tahun ke depan dan semakin mengukuhkan NHM sebagai pemain kunci dalam industri pertambangan emas nasional.

Sebagai informasi, industri pertambangan emas beserta industri mineral dan logam lainnya, memainkan peran penting dan strategis bagi Indonesia dan dunia. Oleh karenanya, NHM berkomitmen untuk terus melakukan investasi dalam kegiatan eksplorasi guna pengembangan sumber daya emas yang sangat potensial di wilayah Kontrak Karya NHM di Provinsi Maluku Utara.

Adapun, area operasional tambang NHM telah ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional (OBVITNAS) yang menjelaskan peran NHM yang strategis bagi stabilitas dan keberlanjutan ekonomi nasional. Oleh karenanya, keberhasilan eksplorasi ini memberikan dampak positif bagi ekonomi daerah dan nasional secara jangka panjang.

Amiruddin Hasyim, yang menjabat Kepala Teknik Tambang (KTT) NHM selama 9 tahun dan saat ini sebagai Wakil Direktur Utama, merespon positif keberhasilan eksplorasi ini.

Baca Juga :  Kelompok Penentang Kudeta Turun ke Jalan-Jalan di Myanmar

“Berkat kerja keras dan upaya seluruh karyawan serta manajemen NHM, juga dukungan dari pemegang saham, kami sangat bangga dengan keberhasilan kegiatan eksplorasi ini. Pencapaian ini adalah bukti komitmen NHM dan pemegang saham untuk terus memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan para pemangku kepentingan,” ujar Amiruddin yang juga adalah putera daerah Maluku Utara yang telah bekerja di NHM selama 24 tahun.

Amiruddin lebih lanjut menjelaskan bahwa dengan keberhasilan eksplorasi tersebut, kinerja operasional, produksi dan keuangan perusahaan ke depan dapat secara bertahap terus membaik dan meningkat.

“Tentunya cadangan baru ini akan menjadi energi baru bagi perusahaan, utamanya dari aspek produksi, operasional dan keuangan. Kami akan menggunakannya untuk memenuhi komitmen-komitmen kami dan memberikan nilai tambah bagi karyawan, kontraktor, supplier, masyarakat sekitar, dan pemangku kepentingan lainnya,” jelasnya.

Pencapaian NHM dalam menambah cadangan emas ini tidak hanya mencerminkan keahlian teknis dan manajerial perusahaan, tetapi juga menegaskan komitmen NHM dalam menjaga praktik pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Perusahaan terus memprioritaskan keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan karyawan, serta berusaha untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat setempat melalui program-program berkelanjutan.

“NHM akan terus memastikan tata kelola yang baik pada area operasional tambang yang telah dikategorikan sebagai OBVITNAS sebagai hal yang mutlak demi mencapai keberlanjutan sumber daya alam dan manfaat positif bagi seluruh pemangku kepentingan, baik yang di lingkar tambang, ataupun secara nasional,” pungkas Amiruddin.

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Yalimo Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M. Melakukan Panen Raya Budidaya Ubi Jalar di Kesuwi Hulikma

Sel Nov 14 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | YALIMO – Bupati Yalimo Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M., melakukan panen raya budidaya ubi jalar di Kesuwi Hulikma, Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan, Selasa (14/11/2023). Hadir dalam panen raya tersebut, dinas terkait pertanian, beberapa ASN Pemkab Yalimo dan Kepala Distrik Abenaho. Begitu tiba di lokasi mereka melakukan […]