REFLEKSI | Tawakal

Silahkan bagikan

Oleh Idat Mustari

ORANG yang bertawakal itu bukan pergi ke medan pertempuran tanpa persiapan, persenjataan. Orang yang bertawakal itu bukan diam di rumah berpangku tangan kemudian berharap turun uang dari langit.

Orang yang bertawakal itu bukan saat kehausan tak mencari air. Orang bertawakal itu bukan saat lapar kemudian menunggu makanan melompat sendiri ke dalam mulutnya atau menunggu malaikat turun ke bumi hanya untuk menyuapkan makanan ke mulutnya.

Tawakal adalah kesadaran bahwa kehidupan ini dikendalikan oleh Allah.
Tawakal adalah kesadaran seorang hamba pada Allah dalam perkara yang dinluar jangkauannya, di luar batas kemampuannya setelah memaksimalkan ihtiarnya.

Tawakal adalah  seseorang yang percaya akan Maha Kuasa Allah setelah melakukan yang bisa dilakukannya di alam nyata.

Tawakal itu adalah perjuangan dan doa, oleh karena itu pula sangat tidak mungkin tawakal menghampiri orang yang tidak menjaga salatnya.

Selamat beraktivitas dan menikmati liburan panjang, semoga sehat selalu, bahagia selalu, panjang umur dan diluaskan rezekinya serta ditakdirkan liburannya menyenangkan dan membahagiakan.***

Baca Juga :  Da Silva Antarkan Persib Juara Grup C Piala Presiden 2022

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini yang Disampaikan Dr. Retno Dwimarwati Saat Membuka Kongres Nasional Ke III Ikatan Alumni ISBI Bandung

Sen Des 25 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Ikatan Alumni Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung menyelenggarakan kongres ke tiganya di Gos Patanjala ISBI Bandung, Sabtu (23/12/2023). Kongres ini diadakan setiap lima tahun sekali. Kongres diikuti oleh sekitar 96 orang utusan dari tiga kepengurusan, baik pengurus pusat, pengurus komisariat, pengurus komunitas. Dimana pengurus […]