Covid-19: Pemain Sepak Bola yang 'Batuk dengan Sengaja' Bisa Dikartu Merah

Editor Ilustrasi kartu merah./bbcnews/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemain yang batuk dengan sengaja ke arah pemain lain atau petugas pertandingan bisa dikartu merah, kata pembuat aturan sepak bola dan Asosiasi Sepak Bola Inggris.
Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (International Football Association Board, Ifab) mengatakan pelanggaran itu termasuk dalam kategori “menggunakan bahasa dan/atau gestur yang menyinggung, menghina, atau menganiaya”.
Organisasi itu menambahkan: “Sebagaimana dengan semua pelanggaran, wasit harus membuat penilaian tentang hakikat pelanggaran itu.”
Panduan ini dikeluarkan di tengah pandemi global virus corona.
“Jika jelas-jelas tidak sengaja, maka wasit tidak akan bertindak, begitu pula jika ‘batuk’ terjadi dengan jarak yang jauh antar pemain,” imbuh Ifab, seperti dilansir bbcnews.
“Namun, ketika ia cukup dekat untuk menjadi pelanggaran, maka wasit bisa bertindak.”
Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) juga menerbitkan panduan bagi pertandingan sepak bola masyarakat awam yang akan berlaku tidak lama lagi.
Dalam sebuah dokumen, mereka menulis: “Jika insiden tidak cukup parah untuk membuat pemain dikeluarkan dari pertandingan, peringatan bisa diberikan untuk ‘perilaku yang tidak sportif’.
FA menambahkan bahwa wasit tidak boleh menghukum batuk yang “rutin” dan “tindakan (wasit) hanya bisa didukung ketika ada bukti jelas bahwa (batuk itu) adalah tindakan yang dilakukan terhadap orang lain.”
Dalam kaitan dengan Liga Primer dan Liga 2 Inggris, tidak ada pedoman tertulis dan hukuman diberikan atas diskresi wasit. @fen

Baca Juga :  Komeng Janji Bangkitkan Gedung Kesenian di Jawa Barat

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sah, Golkar Resmi Usung Pasangan DR. Iwan Saputra dan KH. Iip Miftahul Paos di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya

Rab Agu 5 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Setelah melalui proses panjang, akhirnya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya memberikan dukungan kepada pasangan DR. H. Iwan Saputra dan KH Iip Miftahul Paos untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Desember 2020 mendatang. Surat Keputusan (SK) diserahkan oleh Ketua Umum Golkar, […]