Bupati Bandung Terpilih Mengikuti KPPD di Singapura

Editor
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Bupati Bandung, Dadang Supriatna yang terpilih sebagai salah satu peserta Kursus Pemantapan Pimpinan Daerah (KPPD) oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) membagikan pengalamannya melalui media sosialnya. Dia menuliskan bahwa selama 13 hari ini, dirinya izin tidak bertugas sebab akan mengikuti pendidikan khusus di Singapura sebagai salah satu dari 15 Kepala Daerah dan 1 Ketua DPRD yang diberangkatkan per 28 Oktober lalu.

“Pagi ini saya berkesempatan mengunjungi Future Cities Lab (FCL) Global NUS Singapore-ETH Zurich Center. Perpustakannya sangat representatif, keren pisan, dan mengusung konsep Perpustakaan Masa Depan,” tulis Dadang di akun Instagram miliknya, Rabu (01/11/2023).

Ia pun berjanji selama mengikuti pendidikan, dirinya akan belajar dari kemajuan Singapura agar bisa diterapkan di Kabupaten Bandung. Pada konten media sosial yang sama, Dadang juga mengungkapkan keinginan dirinya agar Kabupaten Bandung bisa memiliki perpustakaan secanggih yang ada dia kunjungi di Singapura.

“InsyaAllah Di Kabupaten Bandung kita bikin ya? Hehe,” tambahnya.

Sebanyak 16 peserta yang terdiri dari 15 pimpinan daerah dan 1 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indonesia telah memulai perjalanan intensif KPPD Angkatan I tahun 2023. Para peserta terpilih ini akan mengikuti sejumlah pendidikan intensif selama 21 hari di Singapura, terhitung sejak tanggal 27 Oktober hingga 17 November 2023.

KPPD merupakan salah satu program yang menjadi inisiatif bersama antara Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) dan National University of Singapore (NUS) Lee Kuan Yew School of Public Policy (LKYSPP) yang bertujuan memberikan pelatihan dan meningkatkan kapasitas kepemimpinan para pemimpin daerah Indonesia. Program ini telah mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) dan Lemhanas RI.

Baca Juga :  Pecatur Kabupaten Bekasi Sumbang Medali Emas di SEA Games 2021 Hanoi

Visi misi dari kegiatan KPPD ini adalah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait pembangunan daerah, terutama dalam hal kebijakan yang diterapkan di masing-masing daerah yang mencakup aspek ekonomi, pembangunan sumber daya manusia, lingkungan, dan infrastruktur. Program KPPD ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan diri mencapai Indonesia Emas 2045.

Wakil Gubernur Lemhannas, Laksdya TNI Maman Firmansyah pada Pembekalan kepada para peserta menyatakan bahwa kursus ini sesuai dengan tujuan Lemhanas untuk melatih pemimpin nasional dan daerah yang berpikir komprehensif dan berwawasan kebangsaan. Peserta KPPD dirancang agar mampu memahami berbagai aspek kepemimpinan daerah, termasuk manajemen sumber daya manusia, kebijakan publik, komunikasi efektif, dan perumusan strategi menghadapi permasalahan kompleks yang dihadapi.

“Kegiatan ini juga diharapkan akan menjadi wadah untuk saling memotivasi dan membentuk jejaring kerja antar pemerintah daerah,” kata Wagub Lemhannas.

Beberapa peserta KPPD yang ikut dalam pelatihan ini selain Bupati Bandung, Dadang Supriatna di antaranya Wali Kota Bogor Bima Arya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Sigi Mohamad Irwan, dan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah. @mpa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hidupkan Kelestarian Madura, AMI Gelar Festival Ayam Kekok

Rab Nov 1 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MADURA – Organisasi yang dinahkodai oleh Baihaki Akbar, S.E, S.H.yang diberi nama Aliansi Madura Indonesia (AMI) kini semakin menunjukkan keberhasilannya, alhasil banyak sekali para tokoh Madura untuk menggandeng guna semakin mempererat dan mempersatukan tali persaudaraan. Seperti salah satu tokoh sesepuh asal Madura H. Mat Tambri yang berada […]