De Jong: “Aku Merinding Setiap Kali Melihat Fans Belanda”

Editor Frenkie de Jong mengungkapkan kegembiraannya menjelang Piala Dunia Qatar 2022./via fifa.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | DOHA – Belanda berada di Grup A bersama Senegal, Qatar, dan Ekuador di Piala Dunia Qatar 2022. Belanda sendiri baru bermain besok, Senin (21/11), melawan Senegal.

Dari sekian bintang tim Negeri Kincir Angin ini, tersebutlah nama De Jong. Bagaimana semangat dia untuk memperkuat tim Oranje di debut Piala Dunia ini? FIFA + telah mewawancarainya.

FIFA+ bertemu dengan pemain berusia 25 tahun itu untuk membahas kegembiraannya, berada satu grup dengan Senegal, Ekuador, dan Qatar, kualitas Virgil van Dijk dan Memphis Depay, para penggemar Belanda, serta target mereka di turnamen tersebut.

FIFA: “Frenkie, mulai dari hal pribadi, Anda berpartisipasi dalam turnamen internasional besar pertama Anda di EURO tahun lalu. Apakah pengalaman itu mempersiapkan Anda untuk apa yang diharapkan dari Piala Dunia?”

Frenkie de Jong: “Aku berharap Piala Dunia pertama saya akan menjadi pengalaman yang indah. Aku sangat menantikannya dan saya sangat bersemangat. Dan, mudah-mudahan, kami akan melakukannya dengan baik. Bermain di Piala Dunia selalu menjadi impian saya ketika saya masih kecil. Sekarang juga. Aku pikir bermain di Piala Dunia adalah pencapaian terbesar bagi setiap pesepak bola.”

“Proses kualifikasi untuk Belanda dimulai dengan kekalahan 4-2 di Turki, tetapi tim merespons dengan sembilan pertandingan tak terkalahkan, termasuk mengalahkan Turki 6-1 di pertandingan sebelumnya, dan mencetak 33 gol untuk lolos dengan meyakinkan…”

“Kami berada di grup yang sulit. Dengan Norwegia, Turki, dan kami sendiri, ada tiga tim dengan kualitas untuk bisa berlaga di Piala Dunia. Kami memulai kualifikasi dengan buruk, jadi kami bermain mengejar ketinggalan, kami mampu menebusnya dan akhirnya finis di puncak.”

“Pertandingan kandang melawan Turki sangat penting. Kami harus memenangkan pertandingan itu karena saya pikir posisi mereka di atas kami, dan permainan berjalan dengan sempurna. Pada pertandingan pertama melawan Turki, kami berada di bawah standar dan membiarkan diri kami terlena, jadi selama sisa perjalanan kualifikasi kami mengejar ketinggalan. Pada pertandingan kandang itu, kami mampu memperbaiki keadaan. Kami tampil bagus, mencetak banyak gol, dan sekarang kami hanya ingin berkembang dan menjadi lebih baik.”

Baca Juga :  Pemberian Nama RSUD Kab. Bandung Masih Jadi Polemik

FIFA: “Seberapa besar keuntungan memiliki pelatih berpengalaman dan sukses seperti Louis van Gaal?”

De Jong: “Dia memiliki banyak pengalaman sebagai pelatih di level tertinggi, yang selalu bagus karena dia telah mengalami banyak situasi berbeda. Dia tahu apa tekanan pada saat-saat seperti itu, jadi saya pikir itu selalu membantu ketika seseorang memiliki banyak pengalaman. Dia sangat jelas dalam apa yang dia inginkan. Dia mempersiapkan kami dengan baik untuk pertandingan dan semua orang tahu apa yang diharapkan.”

FIFA: “Anda tampaknya cukup nyaman bermain dengan Davy Klaassen. Jika kalian tampil bersama, Belanda hanya sekali kalah dalam 17 pertandingan dan mencetak banyak gol. Apakah menurut Anda duet kalian akan menjadi kunci peluang tim?”

De Jong: “Tidak, saya pikir kerja sama antara semua orang akan menjadi sangat penting. Dalam tim setiap orang harus tahu apa yang harus dia lakukan dan bahwa dia dapat mempercayai orang lain, jadi tidak secara khusus di antara orang-orang tertentu. Hubungan antara setiap orang itu penting.”

“Kupikir seluruh tim harus tahu apa yang bisa mereka harapkan dan, mudah-mudahan, kami bisa mencapai sesuatu yang baik. Tapi kerja sama antara saya dan Davy sangat bagus. Setidaknya dari sisi saya, Davy sangat penting bagi kami selama kualifikasi dan membuat gol-gol krusial.”

FIFA: “Pasti menenangkan punya raksasa seperti Virgil van Dijk di jantung pertahanan tim?”

De Jong: “Dia pemain yang sangat penting bagi kami. Di samping fakta bahwa dia memiliki kualitas besar dan menjadikan tim semakin berkelas, dia seorang pemimpin yang baik. Dia menyatukan semua orang dan mengatur berbagai hal di lapangan. Sangat menyenangkan berlatih dengan Virgil. Anda ingin berlatih dengan sebanyak mungkin pemain hebat, dan Virgil adalah salah satu yang terbaik di dunia. Dia juga orang yang sangat hebat. Aku senang dia bersama kami.”

Baca Juga :  Di P20, DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi Lewat Konsep 'Go Green'

FIFA: “Belanda diharapkan melaju melalui Grup A di Qatar, tetapi apakah kalian mengantisipasi tiga pertandingan sulit?”

e Jong: “Orang-orang tidak boleh meremehkan grup ini. Aku memerhatikan bagaimana orang bereaksi (terhadap undian), tapi kupikir kami berada di grup yang sangat kuat. Kami harus menjadi yang terbaik jika kami ingin maju. Aku memiliki kepercayaan diri melawan setiap tim yang kami lawan, tidak masalah dari negara mana mereka berasal. Tapi ketiga tim yang kami lawan adalah tim hebat dengan kualitas bagus, jadi kita lihat saja nanti.”

FIFA: “Rekan setim Anda di Barcelona, Memphis Depay, mencetak 12 gol di babak kualifikasi. Apakah kualitasnya menjelaskan sebagian dari kepercayaan diri Anda?”

De Jong: “Memphis membuat perbedaan bagi kami dengan gol, asis, dan kreativitasnya, jadi menurut saya dia pemain yang sangat penting. Salah satu pemain terpenting kami di grup.”

FIFA: “Suporter Belanda berbalut warna oranye selalu menjadi pemandangan indah di turnamen besar. Bagaimana rasanya melihat suporter?”

De Jong: “Fans Belanda luar biasa. Bagaimana mereka di turnamen ini, dengan jumlah yang sangat banyak dengan pernak-pernik oranye, memberikan citra yang luar biasa dan perasaan yang sangat menyenangkan. Aku merinding setiap kali melihat mereka dan itu membuat Anda semakin bangga bermain untuk negara Anda. Jadi kami sangat merasakan dukungan mereka dan semoga mereka melakukannya lagi selama Piala Dunia di Qatar dan di Belanda. Kami sangat berterima kasih untuk mereka.”

FIFA: “Anda berusia 10 tahun ketika Belanda mencapai final di Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Apa yang Anda ingat tentang turnamen itu dan bagaimana nanti rasanya menjadi bagian dari tim pertama yang memenangkan Piala Dunia untuk negara Anda?”

Baca Juga :  Garuda Nusantara Mulai Persiapan untuk Pemusatan Latihan di Eropa

De Jong: “Aku dapat mengingat Piala Dunia 2010 dengan sangat jelas. Aku mengikutinya di Belanda, penuh kehebohan di depan TV. Aku sangat gembira ketika mereka memenangkan pertandingan. Hanya final yang mengecewakan, tapi menurut saya turnamen secara keseluruhan luar biasa bagi Belanda. Ini impian utama kami dan semua orang di Belanda untuk memenangkan Piala Dunia pertama kalinya. Jadi, kami akan melakukan segalanya dengan kekuatan kami untuk mencapai tujuan ini.” @fen/sumber: fifa.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prihatin Ada Perundungan, Yana: Jangan Ada Lagi

Ming Nov 20 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung merespons dan menindaklanjuti terkait kabar perundungan yang terjadi di salah satu SMP swasta Kota Bandung. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pun turut angkat suara atas kejadian ini. Ia merasa prihatin dengan perundungan yang terjadi tempo hari. “Tentunya saya sangat […]