Polri Prediksi Puncak Arus Balik Hari Ini dan Esok

Editor Ilustrasi rombongan warga yang kembali ke Jakarta./cnn indonesia/bisma septalisma/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono memperkirakan puncak arus balik Idulfitri atau Lebaran 2021 ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi akan terjadi pada Sabtu (15/5) dan Minggu (16/5).

“Puncak arus balik diprediksi mulai hari ini (Sabtu) sampai besok (Minggu) karena Senin masyarakat sudah mulai masuk kerja,” kata dia, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5/2021), seperti dilansir CNN Indonesia.

Istiono memprediksi ada 1,5 juta pemudik yang kembali di wilayah Jabodetabek. Hal itu berdasarkan data 1,5 juta warga di Jabodetabek yang melakukan perjalanan versi Kementerian Perhubungan.

“Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabeknya, oleh karenanya kita antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalur tol dan arteri,” ucapnya.

Pihaknya akan mengalihkan truk-truk besar bersumbu tiga ke jalur arteri demi memperlancar arus balik. Pengalihan itu akan dilakukan mulai dari Semarang sampai Jakarta.

Selain itu, Istiono bersama Satgas Covid-19 telah menyiapkan 109 titik untuk memeriksa seluruh pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek. Semuanya harus membawa surat Swab antigen atau PCR Swab tes.

Pihaknya pun akan melakukan pengecekan secara acak terhadap kelengkapan surat bebas Corona di lokasi yang ditentukan.

“Ada di 26 di Rest area dan gate tol dan 83 di titik jalur arteri jalan nasional, dari Jawa dan Sumatra menuju Jakarta dengan melaksanakan kegiatan rapid tes antigen secara random yang dilaksanakan mulai hari ini,” kata dua.

Apabila hasil random Swab antigen menunjukkan positif, katanya, pemudik itu akan dirujuk ke RS terdekat guna penanganan lebih lanjut.

“Bila hasil random test menujukan positif langsung dirujuk RS terdekat yang sudah ditunjuk,” tuturnya.

Sebelumnya,  kebijakan larangan mudik lebaran ditetapkan pada 6 hingga 17 Mei. Meski begitu, Kemenhub menyebut ada 1,5 juta warga yang tetap mudik. @fen

Baca Juga :  Legenda Sepak Bola Irak Sebut Piala Dunia Qatar Bersejarah dan Takkan Terlupakan

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rusia Bersiap Syuting Film di Luar Angkasa

Sab Mei 15 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Rusia mencoba menjadi negara pertama yang syuting film di luar angkasa. Negara itu berencana mengirimkan seorang aktris dan sutradara ke International Space Station (ISS), 250 mil atau 402,3 kilometer di atas Bumi, pada Oktober 2021. Hal itu dilakukan untuk menyiapkan ‘Vyzov (The Challenge)’, film yang mengisahkan seorang ahli […]