1003 Warga Binaan Lapas Narkotika Kelas II A Bandung Mendapat Remisi, 12 Orang Bebas Murni

Editor Bupati Bandung Dadang Supriatna didampingi Kalapas Narkotika Kelas II A Bandung Gumilar Budirahayu, saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media /visi.news/ gustav viktorizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BALEENDAH – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 78 tahun, Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas II A Bandung melaksanakan penyerahan Remisi Umum tahun 2023 di Aula Lapas Narkotika, Pada Kamis (17/08/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Kajari Kab.Bandung dan jajaran Forkopimda serta Forkopimcam Baleendah.

Kalapas Narkotika Kelas II A Bandung Gumilar Budirahayu, mengatakan bahwa dari 1300 total warga binaan yang mendapatkan remisi umum tahun 2023 hanya 1003, dan yang bebas murni hanya 12 orang.

” Tentu yang mendapatkan remisi saat ini telah melalui seleksi mulai dari tingkah lakunya, kedisiplinan, maupun administrasinya, ke dua belas warga binaan yang bebas murni itu dengan sisa masa tahanannya 3 bulan, ” ujarnya.

Sebelum mendapatkan remisi, dikatakan Gumilar, pihaknya melakukan assessment terlebih dahulu kepada para warga binaan, salah satunya dipastikan dengan tidak melakukan pelanggaran selama waktu tertentu.

” Dan tidak mendapat letter F, atau keterangan bahwa warga binaan selama periode tertentu tidak melakukan pelanggaran, dan kalau mendapat letter F kami pastikan tidak akan mengajukan ke pusat untuk mendapat remisi,” tuturnya.

Bagi dua belas narapidana yang dinyatakan bebas, dirinya menyebut sudah diperbolehkan keluarga agar segera menjemput tanpa harus pendampingan dari bapas, sesuai keputusan kemenkumham.
Selain itu juga dari 1003 warga binaan ini sudah mendapatkan SK berkelakuan baik dari kementrian hukum dan hak asasi manusia.

Lebih lanjut Gumilar berharap kepada penerima remisi, agar bisa berkomitmen untuk menjadi pribadi yang berperilaku baik, mematuhi aturan yang berlaku, mengikuti program pembinaan dengan giat dan bersungguh-sungguh.

” Ketika nanti sudah selesai masa tahanan, kembali ke masyarakat dapat diterima baik ditengah masyarakat, bisa menjadi insan yang lebih berkontribusi secara aktif dalam pembangunan dan lain-lain,” katanya.

Baca Juga :  Gol Bunuh Diri Gagalkan Rekor Manchester United

Sementara itu pada kesempatan yang sama Bupati Dadang Supriatna menyampaikan , terimakasih nya kepada Kalapas Gumilar yang telah memperjuangkan remisi kepada 1034 warga binaan.

” Alhamdulillah dari awalnya pengajuan 1300 yang saya tahu, yang di acc pusat itu 1003 warga binaan, dan ada 12 orang yang dinyatakan bebas murni,” ujarnya.

Selaku kepala daerah, Kang DS Sapaan Akrab Dadang Supriatna itu menyebut akan mengusulkan dan mendorong apa yang dibutuhkan Lapas Narkotika II A terutama dalam kontek kegiatan-kegiatan, di Balai Latihan Kerja (BLK).

” Saya tadi ngobrol dengan pak Kajari dan Pak Dandim juga forkopimda bahwa semua warga binaan disini mempunyai hak dan kewajiban, dan termasuk mempunyai keahlian juga kelebihan,” katanya.

” Setelah bebas dari sini saya berharap bagaimana mereka membangun dan meningkatkan perekonomian, dengan adanya penghasilan perbulan,” tambahnya.

Lebih jauh, Kang DS berencana akan mengundang para pengusaha-pengusaha dikabupaten bandung. ” Ini juga dalam pembicaraan dengan pak kajari, insya Allah kami undang para pengusaha, untuk merekrut mantan napi yang sudah mumpuni agar bisa bekerja di perusahaan,” ucapnya.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Bandung tengah menargetkan 35.000 usaha baru, namun sebelumnya Bupati mengaku sudah menerbitkan 60.000 Nomor Induk Berusaha baru.

” Ini perlu disampaikan bahwa warga kabupaten bandung saat ini sudah mempunyai 60.000 NIB, jadi akan banyak jenis usaha,” katanya.

” Kemudian kita tinggal mapping yang masih menganggur belum dapat kerja, dari BPR Kertaraharja nanti akan buka berapa ribu karyawan dan dari BJB, termasuk dari perusahaan lainnya di kabupaten bandung, kesempatan itu terbuka bagi siapapun tidak menutup kemungkinan mantan narapidana dengan catatan selama di Balai Latihan Kerja disini kemampuan dan pribadi lebih baik,” imbuhnya.

Baca Juga :  KHUTBAH JUMAT | Hidup adalah Pilihan

Acara kegiatan tersebut, ditutup dengan dimeriahkan penampilan musik dari sebagian warga binaan Lapas Narkotika II A Kabupaten Bandung . @gvr

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gaji ASN Pemkot Naik,Walikota Eri : Tanggung Jawab Kita Ini Makin Berat

Jum Agu 18 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Pemerintah Pusat mengumumkan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan pensiunan. Hal itu disampaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Pidato Pengantar RAPBN 2024 dan Nota Keuangan di Gedung DPR/MPR, Rabu (16/8/2023) kemarin. Kenaikan gaji PNS […]