[HOAKS] Video Ormas Jaga KPU dan Istana dari Pedemo Pemilu

Silahkan bagikan
VISI.NEWS | BANDUNG – Sebuah video memuat narasi soal organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dipimpin Rosario de Marshal alias Hercules menjaga kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Istana Kepresidenan.

Dalam unggahan itu disebutkan, mereka menjaga KPU dan Istana dari demonstrasi terkait kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Namun, berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut keliru.

Narasi soal kelompok Hercules menjaga KPU dan Istana dari pedemo dibagikan oleh akun Facebook ini (arsip) dan ini (arsip).

Akun tersebut membagikan video Hercules sedang berjalan bersama rombongannya. Video itu diberikan keterangan demikian:

PRIBUMI vs PRIBUMIOligarki tepuk tangan Pribumi mudah diadu dan diadu domba !!!Vidio.. gank Hercules menuju dan jaga KPU tentu juga jaga istana dari pendemo pemilu curang..hancuur ???????? ditangan oligarki, semua hanya mempertahankan kekuasaan dan keserakahan nya…hingga rakyat di Adu domba…dgn di iming ² uang lendir dari taipan dan 9 naga !!!

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, video tersebut mirip dengan unggahan di akun Facebook ini dan YouTube ini.

Video itu menampilkan Hercules dan kelompoknya menghadiri kampanye akbar pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Pasangan Prabowo-Gibran menggelar kampanye akbar terakhir di GBK pada Sabtu, 10 Februari 2024. Adapun Hercules merupakan pendukung Prabowo-Gibran.

Seperti diberitakan Kompas.com, Hercules menyatakan bahwa organisasi yang ia pimpin, yakni Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya, siap mengantarkan Prabowo-Gibran menang satu putaran.

Hercules menegaskan, anggota GRIB Jaya solid dan satu komando mendukung Prabowo-Gibran. Menurut dia, jika ada anggota yang mendukung pasangan lain akan langsung dipecat.

KESIMPULAN

Rujukan

Publish date : 2024-02-27

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kebakaran Hebat Melanda PT. Kahatex Rancaekek Sepekan Pasca Diterjang Angin Puting Beliung

Kam Feb 29 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Musibah beruntun menimpa PT. Kahatex Rancaekek, pabrik tekstil terbesar di Jawa Barat. Setelah seminggu lalu diterjang angin puting beliung yang merobohkan sebagian atap dan dinding, Kamis (29/2/2024) ini pabrik tersebut terbakar hebat. Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.30 WIB dari bagian tengah pabrik. Api dengan cepat […]