SOSOK | Kades Teggalluar Galih Pegang “Wasiat” dari Alm. Bapak

Editor Kades Tegalluar H. Galih Hendrawan, S.Ip. /visi.news/rizkyawan
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BOJONGSOANG – Berbeda dengan pemuda seangkatannya, Galih Hendrawan menghabiskan masa mudanya dengan berkarya dan berkarya. “Saya nyaris menghabiskan masa muda dengan beragam kegiatan yang bermanfaat, baik untuk saya sendiri maupun masyarakat, ” ungkap pemilik nama lenghap H. Galih Hendrawan, S.Ip., ini saat berbincang untuk Podcast ‘Ngador’ VISI.NEWS di rumahnya di Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, akhir pekan kemarin.

Kiprahnya itu menjadikan setiap perjalanan hidupnya memberi makna. Saat remaja, dia sudah terlibat berkiprah di desa, kemudian jadi pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bandung tahun saat H.M. Dadang Supriatna sebagai Ketua KNPI Kab. Bandung. “Pada saat itu saya sudah terlibat sebagai pengurus KNPI Kabupaten Bandung. Kemudian terpilih jadi Ketua KNPI juga, ” ungkapnya.

Pria low profile ini dengan bekal keterampilan berorganiasi menjadikannya dipercaya masyarakat Desa Tegalluar untuk memimpin desa tersebut pada periode 2017-2023. “Saya sebenarnya tidak bermimpi sedetik pun untuk menjadi Ketua KNPI Kabupaten Bandung begitu juga jadi Kepala Desa Tegalluar, semuanya ngalir begitu saja,” ungkap pria yang besar dalam didikan ibunya Alm. Hj. Euis Jubaedah.

Selama ia menjadi kades, fokus konsennya pada masalah peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan pemuda juga pendidikan dan kesehatan. “Saya sangat terbantu ketika Kang DS menjadi kades di sini banyak hal fundamental telah dirubah olehnya menjadi jauh lebih baik. Kawasan Tegalluar yang tadinya distatusqoukan sebagai danau, bisa dirubah menjadi ‘danau duit’. Sekarang banyak industri di sini, dan banyak pula investor yang ingin menanamkan modalnya di sini. Sehingga kultur masyarakat di sini pun bergeser dari buruh tani sekarang banyak yang jadi karyawan, ” paparnya.

Baca Juga :  HIKMAH: Bersegera Lakukan Amal Kebajikan
Kades Tegalluar H. Galih Hendrawan, S.Ip saat pengambilan gambar untuk Podcast ‘Ngador’ bersama Redaktur VISI.NEWS M. Purnama Alam. /visi.news/rizkyawan

 

“Wasiat” dari Alm. Bapak

Sebagai pemimpin Galih sadar betul menjadi trend setter yang banyak followers-nya. Maka, ia berpegang pada prinsip hidup yang diwasiatkan oleh ayahnya yang juga tokoh masyarakat di Kabupaten Bandung Alm. H. Rasmana.

“Insya Allah ada pepatah dari almarhum bapak yang saya ingat sampai sekarang, ‘Hirup kudu jujur bener, daek, jeung tanggung jawab’. Prinsip hidup tersebut dimana kala jalankan  ya pasti akan tercapai keinginan-keinginan kita. Salah satu bukti ini hirup jujur ya Alhamdulillah. Hirup kudu bener ya Allhamdulillah. Saya udah coba jujur, bener, daekna kudu dijalankeun, ulah saukur ngan ngadoa tanggung jawabna oge kudu dilaksanakeun,” ungkap kades yang cukup relijius ini.

Kalau sudah mempunyai empat prinsip tersebut, katanya, ia sudah merasakan manfaatnya sehingga dia pegang. “Ya karena amanah itu juga Allhamdulilah saya sampai detik ini segini buktinya. Alhamdulilah bisa dipercaya masyarakat. Tahun 2017 saya diangkat mereka menjadi Kepala Desa Tegalluar,” katanya.

Karena prinsipnya itu, Galih mengatakan, sejak muda ia tidak mau kerja di orang lain tapi ingin membuka pekerjaan bagi orang lain. “Meski pada prinsipnya setiap orang itu berbeda ada yang ingin bekerja, ada yang ingin berusaha, saya mengajak kaula muda bisa berprinsip maju ke depan dengan tekad yang kuat, intinya yuk tingkatkan semangat dan daya saing itu, pasti kita bisa,” tandasnya.

Dalam pandangannya bahwa setiap manusia itu harus bisa bermanfaat bagi manusia yang lain. “Khoirunnas anfauhum linnas yakni bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain, ” kata Galih.

Baca Juga :  Geger, Saat Tarawih Si jago Merah Lahap Rumah Warga

Karena prinsipnya itu, Galih merasa Allah telah memberikan banyak kebaikan dan kemudahan untuk membawa desanya tumbuh dan berkembang. “Salah satu jalan yang dimudahkan Allah selama saya jadi kades dibukanya akses Tegalluar menjadi kota baru dengan adanya Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung. Ini jalan Allah yang sangat luar biasa,” ungkap Galih.

Untuk itu, ia berharap, berkah Allah SWT untuk Desa Tegalluar terus berlanjut sehingga bisa mewujudkan desanya lebih maju, sejahtera, terbebas dan banjir.  “Mohon doanya, kalau saya masih diamanahi untuk memimpin Desa Tegalluar pada periode kedua ini, tetap dalam berkahNya, dan bisa mewujudkan harapan warga desa saya, ” pungkas Galih yang pertengahan Oktober ini didorong masyarakat untuk maju lagi jadi Kades Tegalluar.

@m. purnama alam

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jelang COP 28 Digelar Diskusi Publik Dorong Transisi Energi Berkeadilan dan Pendanaan Iklim yang Inklusif, Apakah Indonesia Sudah Siap?

Rab Okt 4 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Pada hari ini Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial (Yayasan Humanis) bekerjasama dengan Climate Policy Initiative (CPI) dan Climate Action Network Southeast Asia mengadakan diskusi publik dan diseminasi dua penelitian terkait Transisi Energi Berkeadilan dan Pendanaan Iklim yang Inklusif di Artotel Thamrin Jakarta. Acara ini bertujuan […]