Haris Prayudi: Selama Libur Lebaran BPJS Mudahkan Peserta JKN Akses Layanan Kesehatan

Editor Foto: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi, SKM., saat jumpa pers. /visi.news/edwarman
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BUKITTINGGI – Menjelang libur hari raya ldulfitri 1445 Hijriah, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, menyiapkan program Portabilitas dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal ini memudahkan peserta JKN untuk dapatkan layanan kesehatan dimana saja.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Bukittinggi, Haris Prayudi, SKM menyampaikan, selama libur lebaran mulai 8 hingga 15 April 2024 mendatang, pihaknya berkomitmen memudahkan peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan yang diperlukan.

“Peserta yang berada di luar wilayah Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat Pertama tempatnya terdaftar, dapat pelayanan rawat jalan di Faskes tingkat pertama lain, paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu satu bulan,” ujar Haris saat jumpa pers di Bukittinggi, Senin (1/4/2024).

Program JKN ini, kata Haris, tidak hanya berlaku saat lebaran saja, Namun, semua peserta berhak dapat layanan kesehatan, dimanapun mereka berada, dengan menyampaikan NIK pada petugas kesehatan di faskes tingkat pertama.

“Tidak harus ada bawa kartu BPJS dan kami tegaskan tidak ada pembatasan hari rawat bagi peserta BPJS,” jelasnya.

Haris sebut, BPJS Kesehatan juga telah miliki kemudahan pelayanan administrasi JKN selama libur lebaran, seperti, layanan informasi Pandawa dengan nomor 0811 8165 165, aplikasi mobile JKN, VIKA yang terkoneksi dengan care center 165, BPJS SATU sebagai pemandu layanan peserta, care center 165, websitebpjs- kesehatan. go.id dan Chika.

“Pastikan status kepesertaan JKN anda senantiasa aktif sekeluarga. Untuk peserta yang rutin mengakses layanan kesehatan di rumah sakit, jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsa surat rujukannya,” tuturnya.

Haris menambahkan, jika surat rujukan sudah hampir kadaluwarsa, segeralah mengurus pembaruan-pembaruan surat rujukan, sebelum memasuki masa cuti bersama dan libur lebaran.

Baca Juga :  HIKMAH: Keutamaan yang Bakal Didapat Muazin di Hari Kiamat

“Tetap Jaga kesehatan selama bulan puasa. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi, Linda Faroza, S.H., M.M., mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi juga telah menyiapkan berbagai strategi untuk menyambut libur hari raya ldulfitri 1445 Hijriah. Salah satunya, Dinas Kesehatan (Dinkes), juga menyiapkan sejumlah posko kesehatan untuk melayani masyarakat, pemudik dan pengunjung.

“Kita telah siapkan faskes serta tenaga kesehatan yang standby. Ada enam rumah sakit, tujuh puskesmas, ambulance siaga 24 jam dengan telpon 0851 0301 2113. Selama lebaran, kita ada lima pos pelayanan kesehatan terpadu dan 13 faskes,” ungkapnya.

Untuk lima pos pelayanan kesehatan itu, posisinya cukup strategis. Posko kesehatan di Jam Gadang, Simpang Tugu Polwan dan Terminal Aur Kuning, yang mulai aktif mulai H-6 hingga H+6.

Kemudian, posko kesehatan di TMSBK dan Taman Panorama, mulai aktif H+1 hingga H+6. Pihaknya juga menyiapkan ambulance gratis 24 jam untuk mengantar dan menjemput pasien gawat darurat.

@edw

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sempat Kabur Pelaku Rudapaksa Diamankan Polisi

Sel Apr 2 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Seorang remaja putri sebut saja Bunga, 15, warga Sambikerep, Surabaya, menjadi korban rupadaksa yang dilakukan oleh pria yang baru dikenalnya. Tersangka MCAP, 28, warga Desa Laban, Menganti, Gresik, akhirnya diringkus Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak di rumahnya. Pelaku sempat […]