Lagi, Tiga Jurnalis Tewas Akibat Serangan Israel ke Gaza

Editor Kerabat dan kolega dari dua jurnalis Palestina Hasouna Slim dan Sari Mansoor yang tewas dalam serangan Israel, berduka di atas jenazah mereka saat pemakaman keduanya di Deir al-Balah di Jalur Gaza selatan pada Minggu (19/11/2023). /AFP
Silahkan bagikan
  • Pada hari Minggu, Belal Jadallah, seorang jurnalis dan kepala dewan Press House-Palestina, sebuah organisasi non-pemerintah, terbunuh dan saudara iparnya yang seorang apoteker terluka parah, kata saudara perempuannya dan kerabat lainnya kepada Reuters.

VISI.NEWS | GAZA – Kepala lembaga media terkemuka di Gaza dan dua jurnalis lainnya tewas dalam serangan Israel di wilayah tersebut pada akhir pekan lalu, kata kerabat mereka pada Minggu (19/11/2023), menambah jumlah puluhan wartawan yang tewas dalam konflik enam minggu tersebut.

Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) yang berbasis di New York, dilansir dari Arabnews, Senin (20/11/2023), mengatakan kematian pada akhir pekan tersebut menambah jumlah jurnalis dan pekerja media yang telah dikonfirmasi tewas di wilayah tersebut menjadi 48 sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober dan serangan Israel berikutnya.

CPJ, yang daftarnya mencakup jurnalis yang terbunuh di kedua sisi konflik meskipun sebagian besar berada di Gaza, mengatakan pihaknya mencari setidaknya dua sumber untuk memverifikasi setiap kematian. Dikatakan bahwa daftar korban tewas terdiri dari 43 warga Palestina, empat warga Israel dan satu warga Lebanon.

“Jurnalis di seluruh kawasan melakukan pengorbanan besar untuk meliput konflik yang memilukan ini. Masyarakat di Gaza, khususnya, telah membayar, dan terus membayar, jumlah korban yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menghadapi ancaman yang sangat besar,” kata Sherif Mansour, koordinator program CPJ di Timur Tengah dan Afrika Utara, melalui email kepada Reuters.

Pada hari Minggu, Belal Jadallah, seorang jurnalis dan kepala dewan Press House-Palestina, sebuah organisasi non-pemerintah, terbunuh dan saudara iparnya yang seorang apoteker terluka parah, kata saudara perempuannya dan kerabat lainnya kepada Reuters.

Jadallah memberi tahu saudara perempuannya pada hari Minggu sebelumnya bahwa dia akan keluar dari Kota Gaza menuju selatan. Dia dibunuh di daerah Zeitoun di Kota Gaza, kata saudara perempuannya, yang menambahkan bahwa orang-orang yang menemukannya dan membawanya ke pusat medis di mana dia dinyatakan meninggal mengatakan dia dibunuh oleh tembakan tank Israel.

Baca Juga :  Tanpa Dukungan dan Doa Orang Tua, Perwira Remaja TNI-Polri Bukanlah Siapa-Siapa

Reuters tidak dapat memverifikasi secara independen laporan ini atau laporan dua jurnalis lainnya yang terbunuh akhir pekan ini.
Empat kerabat Jadallah bekerja untuk Reuters di Gaza atau di luar negeri. Salah satu jurnalis yang termasuk dalam daftar korban tewas CPJ adalah jurnalis Reuters Issam Abdallah yang terbunuh di Lebanon dekat perbatasan dengan Israel pada 13 Oktober.

Selain Jadallah, dua jurnalis lepas – Hassouna Sleem dan Sary Mansour – tewas pada hari Sabtu dalam serangan Israel di kamp pengungsi Bureij, di pusat Jalur Gaza, kata kerabat mereka dan pejabat kesehatan Palestina. Pejabat kesehatan mengatakan 17 orang tewas dalam insiden tersebut.

Militer Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai kematian Jadallah atau lainnya.

Di masa lalu, militer Israel mengatakan pihaknya melakukan serangan untuk membubarkan Hamas setelah serangan 7 Oktober dan akan menyelidiki kasus-kasus individual di kemudian hari. Mereka juga mengatakan pihaknya melakukan segala upaya yang mungkin untuk mengurangi kerugian sipil.

Press House-Palestina mengatakan di situs webnya bahwa tujuan keseluruhannya adalah untuk berkontribusi dalam mengembangkan “Media Palestina yang independen, yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi dan kebebasan berekspresi serta prinsip-prinsipnya.”

@mpa/arabnews

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Merubah Persepsi Tentang AI, Digitrans Corner Hadirkan Ruang Diskusi Para C-level dari Berbagai Industri

Sen Nov 20 , 2023
Silahkan bagikan  VISI.NEWS | JAKARTA – Adanya perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau biasa disebut Artificial Intelligence (AI) menimbulkan beberapa asumsi dan persepsi yang cukup kontroversial. Banyak pihak yang menganggap bahwa dengan adanya AI dapat menjadi ancaman para pekerja manusia saat ini. Kendati demikian, banyak perusahaan yang sudah mulai menerapkan konsep […]