Menjalani Ibadah Puasa Tapi Enggak Lemes? Ini Tipsnya

Editor Ilustrasi puasa./shutterstock /via suara.com/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Puasa Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan tantangan bagi umat Islam. Selain menahan lapar dan haus, mereka juga harus tetap menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa mengurangi kualitas dan produktivitas. Namun, tidak jarang ada yang merasa lemas, lesu, atau kurang bertenaga saat berpuasa. Lalu, bagaimana cara agar puasa tidak lemas dan tetap segar di bulan Ramadhan?

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit saat puasa, antara lain:

1. Makan menu sahur yang bergizi lengkap dan seimbang.

Sahur adalah makanan terakhir sebelum berpuasa, sehingga harus mengandung zat gizi yang cukup untuk memberi energi selama seharian. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, sayur, dan buah. Hindari makanan yang tinggi gula dan tepung, karena bisa membuat cepat lapar dan lemas.

2. Cukupi kebutuhan cairan.

Dehidrasi bisa menyebabkan tubuh lemas, pusing, dan mudah lelah. Oleh karena itu, minumlah banyak air putih saat berbuka sampai sahur. Minum setidaknya dua gelas air putih, satu gelas saat bangun tidur lalu segelas setelah santap sahur. Sebelum santap takjil, minum lagi segelas air putih, lalu minum lagi segelas setelah santap takjil. Konsumsi lagi air putih sebelum tarawih, setelah tarawih, dan setelah makan malam. Anda juga bisa menambah asupan cairan dengan makan buah dan sayur yang kaya air, seperti semangka, melon, timun, atau pir.

3. Lakukan olahraga secara rutin.

Olahraga bisa membuat tubuh lebih sehat, bugar, dan berstamina. Olahraga juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak, sehingga bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus. Anda bisa melakukan olahraga intensitas sedang selama 30-60 menit, tapi cobalah lebih sering. Olahraga bisa dilakukan menjelang berbuka, setelah berbuka, atau sebelum tidur.

Baca Juga :  Iwan Palsu Hibur Deklarasi Cabup/Cawabup

4. Pastikan tetap penuhi jam tidur.

Tidur yang cukup dan berkualitas bisa membantu tubuh beristirahat dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Tidur juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan mood. Usahakan untuk tidur minimal 6-8 jam per hari, dan hindari begadang atau tidur terlalu siang. Jika perlu, ambil waktu untuk tidur siang sebentar, tapi jangan lebih dari 20 menit.

5. Hindari terlalu banyak makanan manis

Makanan manis memang bisa memberi sensasi nikmat dan menyegarkan saat berbuka, tapi terlalu banyak makanan manis bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Makanan manis bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, tapi juga turun dengan cepat, sehingga bisa membuat tubuh lemas dan mengantuk. Makanan manis juga bisa menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Sebaiknya, pilihlah makanan manis yang alami, seperti buah-buahan, madu, atau kurma¹.

6. Hindari aktivitas luar ruangan tengah hari

Suhu udara yang panas dan terik matahari bisa membuat tubuh lebih cepat dehidrasi dan lemas. Jika memungkinkan, hindari aktivitas luar ruangan yang berat atau lama saat jam-jam terik, yaitu antara pukul 10.00-15.00. Jika harus keluar rumah, pakailah pakaian yang nyaman, longgar, dan menyerap keringat. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelindung mata, seperti topi atau kacamata hitam

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Innalillahi, Letjen (Purn) Solihin GP Berpulang ke Rahmatullah

Sel Mar 5 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Tokoh Jawa Barat Letnan Jenderal TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara yang lahir 21 Juli 1926 di Tasikmalaya pada Selasa (5/3/2024) pukul 03.08 WIB berpulang ke Rahmatullah. Rencananya sampai dengan pukul 08.30 WIB disemayamkan di rumah duka Jalan Cisitu Indah VI No. 1 Dago Bandung. Kemudian […]