Perumda Air Minum Tirta Raharja akan Bangun SPAM di Wilayah Timur dengan Sistem B to B

Editor Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna menyampaikan paparannya secara daring pada kegiatan market sounding rencana pengembangan SPAM di wilayah Bandung Timur/Kertasari di Intercontinental Bandung Dago Pakar, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Sabtu (24/6/2023). /visi.news/gustav viktorizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | CIMENYAN – Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna turut menyampaikan paparannya secara daring pada kegiatan market sounding rencana pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di wilayah Bandung Timur/Kertasari. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Intercontinental Bandung Dago Pakar Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Sabtu (24/6/2023).

“Saya sebagai Bupati, hari ini ingin menyampaikan tentang rencana kerja sama investasi yang sangat penting dalam pengembangan sistem penyediaan air minum di wilayah Kabupaten Bandung, dengan menerapkan skema business-to-business,” kata Bupati Dadang Supriatna.

Menurut Dadang Supriatna, air minum adalah kebutuhan dasar yang tidak bisa diabaikan namun masih banyak wilayah di negara kita yang menghadapi masalah dalam hal penyediaan air minum yang memadai.

Meski demikian, Bupati yakin bahwa dengan kerja sama yang baik antara Pemerintah Daerah, Penyelenggara SPAM dan Badan Usaha melalui skema investasi business to business dapat meningkatkan sistem penyediaan air minum di wilayah Kabupaten Bandung.

Skema ini melibatkan para investor, imbuh Kang DS panggilan akrab Bupati Dadang Supriatna dengan melibatkan perusahaan-perusahaan swasta yang memiliki keahlian dan sumber daya yang diperlukan dalam bidang pengembangan sistem penyediaan air minum.

“Sektor air minum merupakan salah satu pelayanan publik yang mempunyai kaitan erat dengan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kang DS.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini mengatakan, cakupan pelayanan Perumda Air Minum Tirta Raharja sebesar 16,56 % dari jumlah penduduk wilayah pelayanan sebesar 15.980.526 jiwa. Jumlah sambungan pelanggan yang terlayani sistem penyediaan air minum yaitu sebesar 112.613 sambungan pelanggan dengan jumlah penduduk yang terlayani sebesar 504.164 jiwa.

“Rendahnya cakupan pelayanan terjadi karena Perumda Air Minum Tirta Raharja melayani 3 wilayah administratif yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi sehingga jumlah pelanggannya tersebar,” katanya.

Baca Juga :  John Travolta Jual Mansion Lepas Pantai Senilai $ 5 juta dengan 20 Kamar tidur

Kang DS mengungkapkan, peningkatan jumlah penduduk yang pesat tidak diimbangi oleh jumlah kenaikan sambungan pelanggan juga menjadi faktor rendahnya cakupan pelayanan.

“Upaya yang dilakukan untuk menaikkan nilai cakupan pelayanan adalah dengan memaksimalkan potensi pemasaran, memanfaatkan peluang investasi baik dari APBN, APBD maupun Badan Usaha,” katanya.

Oleh karena itu, Kang DS menyebutkan, pengembangan SPAM Wilayah Timur akan dilaksanakan oleh investor melalui skema kerjasama business to business antara Perumda Air Minum Tirta Raharja dengan badan usaha sebagai untuk memperluas cakupan pelayanan sesuai dengan target yang dicanangkan dalam SDG’s.
Melalui skema business-to-business, diharapkan dapat mencapai beberapa tujuan penting terutama peningkatan kapasitas Infrastruktur.

Ia mengatakan, perusahaan- perusahaan swasta dapat berkontribusi dalam membangun atau memperluas jaringan pipa, membangun instalasi pengolahan air, dan memperbarui peralatan yang diperlukan.

Kang DS mengutarakan keandalan sistem penyediaan air dalam kerja sama ini akan mengupayakan pengembangan sistem yang lebih andal dan efisien dalam penyediaan air minum.

“Kolaborasi dengan perusahaan swasta yang memiliki pengalaman dan pengetahuan di bidang ini akan membantu kita meningkatkan keandalan pasokan air dan mengurangi masalah seperti kebocoran pipa,” ujarnya.

Kang DS mengatakan melalui skema ini juga akan membantu memastikan keberlanjutan finansial dalam pengembangan sistem penyediaan air minum.

“Dengan perusahaan swasta, kami dapat mencari sumber pendanaan yang berkelanjutan dan mengelola sistem secara efisien untuk jangka panjang,” katanya.

Kemudian dari sisi pemberdayaan ekonomi lokal, Kang DS mengatakan, kerja sama investasi dengan perusahaan swasta akan membuka peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi lokal. dan mendorong perusahaan swasta untuk memberdayakan masyarakat setempat melalui pelatihan kerja, pemberian kesempatan kerja, dan partisipasi aktif dalam pembangunan infrastruktur,” katanya.

Baca Juga :  Nestapa Warga 'Desa Miliarder' Indramayu: Tanah Dibeli Murah

Dalam rencana kerja sama investasi ini, kata dia, transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat akan menjadi prinsip utama yang dijunjung tinggi.

“Kami akan memastikan bahwa kepentingan masyarakat terjamin dan bahwa hasil investasi ini benar-benar bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat,” tuturnya

Kang DS mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkomitmen dalam rencana kerja sama investasi ini.

“Saya yakin, dengan kolaborasi yang baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, Perumda Air Minum Tirta Raharja dan Badan Usaha, dapat menciptakan sistem penyediaan air minum yang berkualitas dan berkelanjutan untuk masyarakat kita,” pungkasnya. @gvr

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pesantren Wajib Berkomitmen Lawan Kekerasan Seksual

Ming Jun 25 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIREBON – Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghofur meminta pondok pesantren untuk bersama-sama mencegah terjadinya aksi kekerasan terhadap anak, terutama kekerasan seksual. Menurut Waryono, Kemenag telah mencurahkan perhatiannya secara maksimal dalam upaya pencegahan sekaligus penindakan kasus kekerasan seksual baik di pesantren, maupun lembaga pendidikan […]