Jemaah Nahdliyin Harus Tahu Doa Keberkahan dari Mbah Hasyim Asyari Ini

Editor Ilustrasi. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Salah satu warisan berharga yang ditinggalkan oleh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari, adalah doa yang beliau khususkan untuk jam’iyah NU. Doa ini ditemukan oleh dua kader muda NU yang diutus oleh KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) untuk menemui KH Abdul Muchith Muzadi, santri langsung Hadratus Syaikh, di Jember pada tahun 2009.

Doa ini berisi permohonan agar Allah SWT membangunkan hati para ulama dan umat Islam dari kelalaian, menghidupkan NU dengan kehidupan yang baik, menjadikan hati sebagian manusia cenderung kepada NU, memberi rezeki dari buah-buahan, dan memberi kekuatan untuk mengalahkan segala kebatilan, kezaliman, kefahisan, dan keburukan.

Berikut adalah kutipan-kutipan langsung dari doa tersebut:

“Allohumma aiqidh qulubal ‘ulamai wal muslimina min naumi ghoflatihimil ‘amiq wahdihim ila sabilirrasyad. Allohumma yaa Hayyu yaa Qoyyum, ahyi jam’iyyatana Jam’iyyata Nahdlotil Ulamai hayatan thoyyibatan ila yaumil qiyamah bibarakati “Falanuhyiyannahu hayatan thayyibah”, “Faj’al af-idatan minannasi tahwi ilaihim warzuqhum minatssamarati la’allahum yasykurun”, Warzuqhum quwwatan ghalibatan ‘ala kulli bathilin wa zhalimin wa fahisyin wa su’in la’allahum yattaqun.

Artinya:

“Ya Allah, bangunkanlah hati para ulama dan umat Islam dari kelalaian yang dalam dan berkepanjangan dan tuntunlah mereka ke jalan petunjukMu. Ya Allah, yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, hidupkanlah jam’iyah kami jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) dengan kehidupan thoyyibah (kehidupan yang baik sesuai kehendakMu) hingga hari kiamat dengan berkah ayat:

فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً (النحل: ٩٧)

Artinya: “Maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik” (QS An-Nahl: 97).

فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِيْ إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُوْنَ (ابراهيم: ٣٧)

Artinya: “Maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur” (QS Ibrahim: 37). Dan beri rezekilah mereka kekuatan yang mengalahkan segala kebatilan, kezaliman, kefahisan, dan keburukan, mudah-mudahan mereka bertakwa.

Baca Juga :  Pameran 'Bulan Terbit' di Grey Art Gallery: Sebuah Perayaan Seni Islami di Bulan Ramadan

Doa ini sangat relevan untuk diamalkan oleh warga NU, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia. Selain doa ini, ada juga doa lain yang diijazahkan oleh Hadratus Syaikh untuk menangkal wabah, yaitu doa yang berisi harapan untuk diselamatkan dari panas derita wabah dengan wasilah derajat lima pribadi mulia, yaitu Nabi Muhammad SAW, Sayyidina Ali, Hasan, Husain, dan Sayyidatina Fatimah.

Semoga doa-doa dari Mbah Hasyim Asyari ini menjadi wasilah bagi kita untuk mendapatkan keberkahan, keselamatan, dan kesehatan dari Allah SWT. Aamiin.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Memenangkan Persaingan tanpa Menjelekkan Lawan Bisnis

Rab Des 20 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Persaingan dalam dunia bisnis adalah hal yang wajar dan tidak bisa dihindari. Namun, ada cara-cara yang sehat dan tidak sehat untuk menghadapi persaingan tersebut. Salah satu cara yang tidak sehat adalah dengan menjelek-jelekan lawan bisnis di depan orang lain. Apa akibatnya kalau melakukan hal ini? […]